IMG_4600Kiprah anak muda di dunia usaha kini tak bisa dipandang sebelah mata. Kreatifitas dan ide-ide cemerlang yang dilahirkan dari tangan-tangan anak muda, ternyata bisa diwujudkan menjadi sebuah usaha yang menggiurkan. Salah satunya Reza Tawada (Taw), Yuda Dwicahya Putra (Yuda), dan Tubagus Lucky (Lucky) yang tergolong sukses merintis bisnis kreatif kaos khas Bogor diberi nama 0251 (Nol Dua Lima Satu) s ejak tahun 2014 .

Oleh : Hesti Amelia
[email protected]

Sebelum terjun ke 0251mer­ch, Yuda dan teman-teman sempat berjualan donat saat masih menjadi maha­siswa semester tiga. Tapi semua berhenti dan tidak serius. Pada saat semester akhir kuliah sem­pat juga membuat pre-order kaos konser lewat media sosial. Namun lagi-lagi tidak berjalan juga karena belum nemu feel-nya.

Lalu Yuda menemukan ide un­tuk membuat brand merchandise gara-gara melihat Joger Bali dan Dagadu Yogyakarta. Disampaikan­lah ide Yuda ke Taw berikut lang­kah-langkah ke depannya. Kebetu­lan Taw ini jago membuat desain. “Kita ajuin proposal untuk bantuan modal ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Revisi proposal sampe seki­tar lima kali. Akhirnya clear semua persyaratan dan masuk ke Pemkot bulan Desember. Tapi sampai seka­rang proposal kita gak jelas. Padahal dijanjiin akan cair. Sudah setahun lebih. Kabar terakhir bulan Februari kita disuruh follow up lagi ke Pem­kot Bogor,” ungkap Yuda.

Menurut Yuda, jawaban dari Pemkot Bogor selalu bilang belum ada, masih proses. Namun, nama 0251merch ternyata tidak ada di daf­tar entah kenapa. Padahal sebelum­nya bilang akan masuk daftar cair. Beberapa bulan kemudian di-follow up. Hanya dapat balesan kata-kata sama. “Belum ada mas, masih pros­es,’’ katanya.

Lalu Yuda dan Taw merasa bu­tuh tambahan tim. Nambah satu personel lagi Lucky. Jadi personel resminya tiga orang. Yuda, Taw dan Lucky. Ide nama 0251 didapat dari celetukan seorang teman namanya Oling. Dan akhirnya tiga sahabat ini meresmikan nama brandnya 0251 (Nol Dua Lima Satu).

Mengusung 0251merch sebagai brand produk, Yuda mengaku seb­agai pemula juga menghadapi ber­bagai macam kendala usaha seperti yang dialami oleh para pelaku bis­nis lainnya. “Kendala yah. Mungkin lebih enak dibilang tantangan. Tan­tangannya paling dari kekompakan tim. Kita harus sering-sering men­jaga mood dan semangat tim biar kebut terus. Dan harus ramah ke semua konsumen, walaupun mood kita lagi jelek. Harus selalu senyum. Karena senyuman konsumen adalah obat kebahagiaan buat kita. Sisanya kendala teknis diproduksi kaos,” terangnya.

0251merch menjual kaos unisex ukuran dari s-xxl, memakai bahan ka­tun kombed 30s. “Kami menjual hard­case HP tapi masih pre order. Untuk kaos harga standar kita Rp. 100.000- Rp. 115.000. Dapet box, plastik bag, sticker dan hangtag,” jelasnya.

Selain membeli barang ready stock, 0251merch juga melayani pre orde untuk pembuatan kaos selama 14 hari. Dari segi harga lebih murah dari harga Rp. 90.000-Rp. 105.000.

0251merch berjualan dengan sistem online memakai media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan youtube. Selain itu terdapat mini boots di Janggo Barbershop Jalan Raya Pagelaran Blok F1 No. 11 Ciomas Bogor. “Jam operasional di mini boots mulai pukul 09.00-21.00,” lanjutnya.

Menurut Yuda, kelebihan kaos 0251merch dengan kaos-kaos merek lainnya yang pasti kita bertemakan Bogor. Berawal dari kebanggaan mereka terhadap Bogor dan in­gin membawa kebanggaan ini ke seluruh penjuru negeri. Desain elegan. Cocok un­tuk merchandise apalagi dipake sendiri sehari-hari. ‘’Karena tidak akan malu-maluin dari segi desain, bahan, dan kualitas. Bo­leh diadu sama yang lain, jarang-jarang merchandise standart kaos distro dan ter­jangkau banget dari harga,’’ katanya.

Tidak perlu banyak menge­luarkan modal awal untuk usaha di bidang kaos kreatif. Hanya Rp. 300.000 su­dah bisa membuka brand 0251merch. Setiap bulan­nya 0251merch dapat meraup omset belasan juta. “Modal segitu untuk print katalog, sebar bro­sur, sebar proposal, DP produksi kaos, dan lain-lain,” pungkasnya.