1500-angkotBOGOR TODAY – Dalam sebu­lan, bidang pengujian kenda­raan bermotor pada Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor mampu melayani Uji KIR sekitar 1.500 kendaraan. Uji KIR dilakukan mulai dari angkutan kota (ang­kot), mobil barang, truk hingga bus. Namun pengujian lebih didominasi mobil barang bak terbuka.

Demikian dijelaskan Anwar Sulaiman, Kepala Seksi (Kasi) Pengujian Kendaraan Bermo­tor pada DLLAJ Kota Bogor, Selasa (3/5/2016). “Kalau untuk kendaran besar seperti truk dan bus di Kota Bogor ini san­gat sedikit jumlahnya. Beda halnya dengan di wilayah Ka­bupaten Bogor yang memang wilayahnya lebih luas dan in­dustrinya pun lebih banyak,” ungkap Anwar.

Untuk melayani pengujian kendaraan tersebut, ujarnya, bidang pengujian memiliki tenaga atau jabatan fung­sional sebanyak sembilan petugas. Rata-rata sekitar 70 kendaraan yang dapat dilay­ani/hari.

“Dengan waktu pelayanan yang kami berikan kepada para pemilik kendaraan mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Tapi untuk pendaftarannya sampai pukul 14.00 WIB, karena untuk dua jam sisanya kami gunakan untuk melakukan pemeriksaan atau pengujian kendaraannya,” papar Anwar.

Pada hari Sabtu, pihaknya juga tetap melayani para pe­milik kendaraan. Hanya saja, pelayanan hanya berlangsung hingga pukul 12.00 WIB. “Tapi, kami berikan toleransi selama satu jam sampai pukul 13.00 WIB. Ini untuk memberikan waktu lebih kepada pemi­lik kendaraan,” pungkasnya.

(Yuska Apitya)

loading...