BOGOR TODAY – Ratusan pencari kerja (pencaker) mengantri di acara Bursa Kerja Expo 2019 yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor bekerjasama dengan puluhan perusahaan dari berbagai sektor usaha. Jobfair ini, berlangsung selama dua hari dari 25-26 Juli 2019 di Lippo Plaza Keboen Raya, Kota Bogor.

Kasi Penempatan Tenagakerja Disnakertrans Rumi Sontoso menjelaskan, bursa kerja expo ini, tersedia lebih dari 1200 lowongan pekerjaan dari 24 perusahaan yang mengikuti jobfair ini.

Bagi pencaker yang ingin mengikuti bursa kerja expo bisa membuka website bogorkerja.kotabogor.go.id untuk mendaftar. Setelah itu, download aplikasinya di web bogorkerja. Di mana pada aplikasi itu, akan muncul barcode yang akan di aktivasi saat pencaker datang ke jobfair. Atau dengan kata lain, barcode itu berfungsi sebagai tiket masuk sekaligus alat untuk melamar dengan cara scan barcode di setiap stand. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan saat akan masuk ke Bursa Kerja Expo.

“Jadi, pencaker bisa mengajukan lamarannya melalui website kita. Di dalam website itu, ada syarat yang harus disiapkan pencaker. Bagi pelamar yang syaratnya sudah lengkap dan dicukupi, tinggal menunjukkan barcode ke stand perusahaan yang mereka lamar,” terangnya.

Di sini, jelasnya, Disnakertrans hanya sebagai penyambung antara pencaker dengan perusahaan. Dengan sistem online, pencaker akan lebih mudah mencari informasi lowongan pekerjaan yang dibutuhkan seperti perusahaannya apa, butuh tenaga kerjanya apa, dan persyaratannya apa saja.

“Itu yang kita fasilitasi kepada pencaker. Jadi, pencaker tidak perlu lagi membawa persyaratan lamaran ke sini. Kalau pun masih ada yang bawa tidak apa-apa. Di sini tinggal interaksi dengan perusahaan yang dituju. Untuk hasilnya kita serahkan kepada pihak perusahaan yang mencari pekerja,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat yang membuka acara mengatakan, dari Januari hingga Juli 2019 ada sekitar 1876 pencari kerja yang terdaftar di Disnakertrans Kota Bogor. Dan itu, belum termasuk pelajar yang baru lulus kemarin. Bursa Kerja Expo ini, sesuai dengan visi Pemkot Bogor yakni ingin membuat warganya sejahtera.

Untuk itu, Pemkot Bogor melalui Disnakertrans bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Kota maupun Kabupaten Bogor menggelar bursa kerja ini untuk memudahkan warganya dalam mencari pekerjaan. (Adit)

loading...