foto-malik-penataran-silat-deuiBOGOR, TODAY – 126 juri yang ada di wilayah Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Cianjur, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sukabumi mengikuti Penata­ran Juri Festival Pencak Silat Pengurus Provinsi (Pengrov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat di Gelang­gang Olahraga (GOR) Padjajaran, Kota Bogor. Jumat (11/3/2016).

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Wakil Ketua IV IPSI Jawa Barat, Helmi Sutikno dan diselengarakan selama tiga hari mu­lai 11-13 Maret 2016. “Tujuannya untuk persiapan kejuaraan seni Jawa Barat. Setelah penataran, awal bulan april para peserta terbaik akan di didik agar lebih memahami tentang persoalan menjadi seorang juri pencak silat,” ungkapnya

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Penataran Juri, Tubagus Iya Sunarya mengatakan, memang tahun ini banyak peraturan baru yang dikeluarkan dalam setiap pertandingan pemcak silat.

“Pelatihan ini untuk memberi ara­han kepada peserta mengenai peraturan kejuaraan pencak silat standar internasi­onal dan nasional,” katanya.

Dia menambahkan, selain untuk memberi edukasi terhadap peserta, pe­nataran ini juga untuk melestarikan pen­cak silat, agar penerus bangsa bisa men­cintai dan melestarikan budaya leluhur bangsa. “Acara ini terlebih untuk men­jaga budi pekerti penerus bangsa, kare­na anak muda zaman sekarang sering melakukan tawuran yang meresahkan. Di pencak silat mengajarkan kebaikan, pastinya untuk digunakan yang tidak baik, sepertinya tidak ada,” imbuhnya.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Kan­tor Pemuda dan Olahraga (Kanpora), Adi Novan, Ketua Dewan Pembina IPSI Bogor, Idang Rasjidi, Ketua Umum PB Pedepokan Sangsaka Buana Indone­sia, Jatnika Nangga Mihardja dan per­wakilan narasumber para wasit nasi­onal dan internasional IPSI Jawa Barat.

(Abdul Malik/Imam)

loading...