wrseBOGOR TODAY – Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi (Disnaskersostrans) Kota Bogor berikan perhatian lebih kepada 150 Wanita Rawan Sosial Ekono­mi (WRSE) dengan memberikan keahlian guna dapat meningkat­kan taraf ekonomi. Sementara itu, di Kota Bogor terdata ada 1000 WRSE.

Kepala Disnakersostrans Kota Bogor, Annas Rasmana men­gatakan, untuk menuntaskan kemiskinan, pihaknya memiliki program dari hulu ke hilir. Pro­gram tersebut dilakukan mulai pendataan, memberi bantuan hingga memberi keahlian untuk meningkatkan taraf ekonomi ma­syarakat. Targetnya para perem­puan yang sudah tidak bersuami dan memiliki tanggungan anak anak sekolah. “Untuk sekarang jumlah WRSE yang mendapatkan bantuan sebanyak 150 orang, ber­asal dari seluruh wilayah Kota Bo­gor. Sampai saat ini tercatat ada sekitar 1000 WRSE di Kota Bogor, dan secara bertahap semuanya akan kita bantu,” ungkapnya.

Bantuan yang diberikan dian­taranya, sejumlah alat-alat untuk memasak, membuat kue, dian­taranya blender, mixer, tabung gas, dan kompor gas serta sejum­lah peralatan untuk memasak. Setelah diberikan bantuan, para wanita ini kemudian akan diberi­kan pelatihan dan bantunan ber­nama Kelompok Usaha Bersama Ekonomi (Kube). “Nanti kita akan melatih mereka untuk membuat usaha kuliner dan untuk kede­pannya kita akan berikan ban­tuan yang diberikan nama Ke­lompok Usaha Bersama Ekonomi (Kube) dan diberikan bantuan 20 juta untuk satu kelompok. Mas­ing-masing kelompok berisikan 10 orang. Dan untuk tahun 2015 ini, bantuan Kube yang diberikan kepada 25 kelompok di seluruh Kota Bogor,” pungkasnya.

(Gun­tur Eko Wicaksono)