Untitled-7BOGOR TODAY – Organisasi International Council for Lo­cal Environmental Initiatives (ICLEI) memberikan bantuan 165 lampu LED untuk Peneran­gan Jalan Umum (PJU) di Kota Bogor. Bantuan lampu LED ini merupakan bentuk dukun­gan ICLEI terhadap komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam menurunkan gas emisi pada masa yang akan datang.

Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto melakukan pemasan­gan lampu ke-165 di PJU Kapten Muslihat Bogor dengan didam­pingi Komandan Kodim 0606 Suryakencana, M. Albar pada Senin (25/4/2016).

Selamet Daroini, Project Of­ficer ICLEI mengatakan, pema­sangan lampu lainnya sudah dilakukan sejak sebulan lalu. Lampu LED dengan daya 125 Watt ini jauh lebih hemat dan ramah lingkungan dibanding lampu konvensional yang ber­daya 250 Watt. Selain itu, lam­pu LED juga lebih tahan lama karena bisa menyala selama 50 ribu jam atau sekitar 15 tahun. “Setelah berumur 15 tahun lampu tetap menyala namun terangnya hanya 70 persen saja,” ujar Selamet.

Selamet menuturkan, pemasangan 165 lampu LED disebar di beberapa ruas jalan pusat Kota Bogor. Sebut saja Jalan Halimun dan Jalan Pan­grango 19 buah, Jalan Otista 25 buah, Jalan Pahlawan 51 buah, Jalan Empang 8 buah, jalan Paledang 22 buah, Jalan Kapten Muslihat 17 buah, Jalan Kantor Batu 7 buah dan Jalan Salak 16 buah. “Total biaya semua lam­pu 1,3 Miliar yang merupakan dana bantuan ICLEI bagi Kota Bogor,” jelas Selamet

Sementara itu, Kepala Seksi Pembangunan PJU dan Dekora­si Kota Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor Feby Darmawan mengatakan, lampu PJU LED sengaja ditem­patkan di tengah kota yang dekat dengan Kebun Raya Bo­gor (KRB). Lampu bekas dari PJU yang sudah diganti LED akan dialihkan ke beberapa ruas jalan di sisi Kota Bogor.

“Secara bertahap, Pem­kot Bogor akan mengkonversi semua lampu PJU konvesional menjadi lampu LED hingga mencapai 31 ribu lampu sam­pai 2031,” pungkasnya.

(Abdul Kadir Basalamah)

loading...