BOGOR TODAY – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap dua disalurkan ke masyarakat Desa Tamansari, Kabupaten Bogor. Dalam penyaluran bansos tersebut diberikan kepada 183 Kepala Keluarga (KK) atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Desa Tamansari, Sunandar mengatakan, BLT yang diberikan kepada KPM itu merupakan anggaran dana desa, di mana 30 persennya itu untuk penanganan masyarakat yang betul-betul terdampak covid-19.

“Di sini jumlah KPM yang menerima BLT ada 183 KK dan bantuan yang kita berikan sebesar Rp 600 ribu per KPM, sehingga total DD yang kita keluarkan sekitar Rp 109 juta,” kata Sunandar kepada BogorToday.

Dia memastikan, bahwa BLT yang disalurkan itu sesuai by name by address, karena sebelumnya sudah di data oleh pemerintah desa (pemdes) melalui pengurus RT dan RW setempat. Bahkan, Ia menegaskan bansos yang diberikan ke KPM tidak ada potongan satu rupiah pun.

“Boleh di cek langsung ke KPM, tidak ada potongan yang kami lakukan sepeser pun, kami berikan semua sesuai dengan apa yang diterima KPM. Tapi apabila itu terjadi dan dilakukan oleh staf kami ,termasuk pengurus RT RW, saya akan tindak, saya akan panggil, kami akan lakukan investigasi dan berikan sanksi,” tegasnya.

Masih kata Sunandar, bagi warga KPM yang belum mendapat bantuan diharapkan untuk bersabar. “Mudah-mudahan di tahap berikutnya bantuan-bantuan dari pemerintah namanya ada. Dan kita juya berharap para KPM-KPM yang menerima bantuan kemudian melihat tetangga-tetangganya kekurangan mereka bisa berbagi hati dengan sesama,” pungkasnya. (Heri)