BANDUNG TODAY – Sebanyak 199 orang Kepala Desa (Kades) terpilih dilantik secara serentak oleh Bupati Bandung Dadang M Naser. Pelantikan kades serentak ini pertama kali dilakukan di lingkungan Pemkab Bandung dalam sejarah. Pelantikan ini dilaksanakan di Gedung Budaya Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Jumat (29/11/2019).

Pada Pilkades sebelumnya, kades terpilih dilantik oleh masing-masing camat. Karena Pilkades 2019 diselenggarakan bersamaan, maka pelantikanya dilakukan secara serentak.

Sebelum dilantik, Bupati Bandung Dadang M Naser membacakan sumpah jabatan untuk kades terpilih. Selain itu, Dadang juga menyematkan pin kepada salah satu perwakilan kades.

“Intinya ini momentum bagi para kades di 199 desa dilantik secara serentak. Ini suatu hal merupakan sejarah bagi para kepala desa, pelaksanaan serentak, pelantikan pun serentak,” kata Dadang usai melantik.

Dadang mengungkapkan, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Bandung aman dan tentram. Momentum bersejarah ini harus menjadi awal titik pengabdian bagi para kades.

“Desa harus memiliki peran terdepan ketatanegaraan pemerintahan di Kabupaten Bandung. Desa terdepan daripada kebijakan negara, sehingga kreativitas dan sumber daya manusia harus ditingkatkan untuk meningkatkan pengabdian pembangunan di Kabupaten Bandung,” ucapnya.

“Di Kabupaten Bandung alhamdulillah 26 desa menjadi (desa) mandiri, berkembang dan maju. Tingkat kriteria ini mohon ditingkatkan kepada kepala desa yang sudah dilantik,” kata Dadang.

Ia berpesan agar para kades bisa memaksimalkan dana desa untuk pembangunan. “Kepala desa mohon mengevaluasi ulang dana desa. Anggaran dana desa tambah besar, baik dari DD maupun ADPD, akurasi penggunaan anggaran harus sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bandung,” ujar Dadang. (net)