Untitled-9LONDON, Today – Sudah terlalu banyak kekalahan diderita Chelsea di musim ini. Sudah terlalu banyak juga gol dan hukuman-hukuman jatuh ke pemain serta mana­jer Jose Mourinho. Sang juara bertahan tengah menjalani periode suramnya.

Kekalahan 1-3 atas Liverpool di Stamford Bridge, akh­ir pekan lalu, menambah derita Chelsea di awal musim ini. Nol poin dari laga big match tersebut membuat John Terry dkk kini baru punya 11 poin dari 11 pertandingan. Terlihat janggal, tapi posisi 15 klasemen jadi tempat yang sementara harus ditinggali The Blues.

 Banyak yang menyebut peluang Chelsea mempertah­ankan gelar juara kini sudah tertutup. Sementara itu, mes­ki masih duduk di kursinya, Jose Mourinho, makin santer dirumorkan akan dipecat. (Adil | net)

Berikut sederet catatan buruk Chelsea di musim ini, seperti dikutip dari DailyMail:

Di Liga Inggris saja Chel­sea sudah menelan enam kekalahan di musim ini, tak pernah sebelumnya dia men­derita lebih dari jumlah terse­but saat bertugas di Stamford Bridge. Sebagai pembanding, di sepanjang musim lalu The Blues cuma menderita enam kekalahan di semua kompe­tisi.

Total sudah 17 pertand­ingan di semua kompetisi di­jalani Chelsea di sepanjang musim ini, dari jumlah terse­but ada sembilan kekalahan diderita. Padahal musim lalu mereka cuma kalah tiga kali di 52 pertandingan yang dila­koni.

Cuma punya 11 poin dari 11 pertandingan, ini adalah capaian terburuk Chelsea di awal musim. Sebelumnya, catatan terburuk The Blues di awal kompetisi adalah 13 poin dari 11 pertandingan di musim 1992/1993.

Musim ini juga menjadi musim terburuk Chelsea dalam hal pertahanan karena sudah 22 gol bersarang di gawang mereka. Padahal di sepanjang musim 2004-05 dan 2005-06 gawang mereka cuma jebol 15 kali. Musim lalu di Liga Inggris ada 32 gol ber­sarang di gawang Chelsea.

Sepanjang sejarah Pre­mier League, Chelsea jadi juara bertahan dengan penampilan awal musim ter­buruk. Status tersebut sebe­lumnya dipunya Blackburn Rovers yang cuma dapat 14 poin dari 11 pertandingan awal musim 1995/1996.

Apa yang didapat Chelsea musim ini lebih buruk diband­ing saat Mourinho dipecat tu­juh tahun lalu. Ketika itu dia diberhentikan setelah cuma dapat 11 poin dari enam per­tandingan awal musim.

Setelah menjalani 11 per­tandingan, musim lalu Chel­sea sudah mengumpulkan 29 poin. Musim ini Chelsea tidak akan bisa mencapai nilai yang sama sampai pekan 17 – den­gan catatan di enam pertand­ingan selanjutnya mereka meraih hasil 100% kemenan­gan.

Dalam 13 pertandingan liga terakhir, Mourinho menel­an tujuh kekalahan. Padahal tujuh kekalahan sebelumnya dia dapat setelah menjalani 70 pertandingan liga.

Dengan 11 poin dari 11 per­tandingan pertama, Chelsea dianggap tak punya lagi kans jadi juara. Sepanjang era Pre­mier league, klub dengan po­sisi finis terbaik setelah cuma bisa dapat 11 poin dari 11 per­tandingan adalah Aston Villa. Di musim 2003/2004 Villa menuntaskan musim di uru­tan enam.

Chelsea sudah menerima 63 shot on target di sepanjang musim ini. Cuma Sunderland (69) yang punya statistik lebih buruk.

Dari 11 pertandingan yang sudah dijalani Chelsea, sembi­lan di antaranya dituntaskan Chelsea dengan gawang mer­eka paling tidak kebobolan dua gol.

Kemerosotan Eden Haz­ard: Dengan jumlah pertand­ingan yang sama, Hazard musim lalu sudah mencetak tiga gol. Sementara saat ini jumlah golnya masih nol. Akurasi umpannya juga menu­run dari 89,5% musim lalu menjadi 86,1% saat ini.Top­skorer Chelsea di liga saat ini adalah Diego Costa, Willian, dan Ramires dengan masing-masing ‘sudah’ bikin dua gol. Di periode yang sama musim lalu Costa sudah menyum­bang 10 gol.

Selisih gol Chelsea di 22 pertandingan liga terakhirnya adalah nol. Sebagai pemband­ing, pada 22 pertandingan liga sebelumnya selisih gol mereka adalah +26.

Chelsea didepak Stoke City di babak 16 besar Piala Liga In­ggris. Padahal baru delapan bulan lalu mereka menggelar pesta juara di ajang yang sama setelah mengalahkan Totten­ham Hotspur 2-0 di final.

Penampilan buruk Chelsea juga terbawa ke Liga Cham­pions setelah mereka cuma dapat empat poin dari tiga pertandingan Grup G. Pada­hal musim lalu mereka lolos dari fase grup dengan 14 poin, meski akhirnya didepak PSG di babak 16 besar.

Di tengah musim yang ber­jalan buruk, Chelsea juga ber­masalah dengan kedisiplinan pemainnya. Sejak Agustus su­dah ada tiga pemain Chelsea dapat kartu merah dan 29 kar­tu kuning di semua kompetisi.

Bukan cuma pemain yang bermasalah dengan kedis­iplinan, karena Mourinho juga mengalami hal yang sama. Dia sudah dijatuhi hukuman denda dan pencekalan dari stadion, plus diusir ke tribun penonton saat timnya dikalah­kan West Ham United.

Chelsea sudah kehilangan delapan poin setelah mereka bisa lebih dulu memimpin. Cuma Aston Villa di dasar klasemen yang membuang keunggulan sebanyak The Blues.

Chelsea kalah 1-3 saat men­jamu Liverpool di akhir pekan lalu. Itu menjadi kekalahan pertama The Blues dari The Reds dalam tujuh pertemuan terakhir, di mana pada enam laga sebelumnya berakhir dengan W3 D3.