Untitled-10

JUMLAH produk gagal kantong udara Takata bertambah sejak pekan lalu. Daftar recall terbaru meliputi 320.000 Subaru Impreza produksi 2004– 2007, dan indikasi produk di Indonesia terlibat pun cukup besar

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Fuji Heavy Industries (FHI) mengatakan mo­bil-mobil itu tersebar di Tiongkok, Amerika Serikat, dan Asia Pasi­fik. Sementara itu, Paultan.org, Rabu (27/5/2015), mengutip pernyataan Motor Image bahwa negara-negara yang terlibat ada­lah Singapura, Malaysia, Tai­wan, Hongkong, Filipina, Thai­land, dan Indonesia.

Dijelaskan, bagian inflator kantong udara pengemudi pada model yang terjangkit masalah telah diketahui cacat produksi. Masalah ini juga dialami pulu­han juta mobil dari berbagai merek di seluruh dunia. Kini, kampanye perbaikan massal se­dang dilakukan.

Hasil investigasi FHI menun­jukkan, perangkat keselamatan itu tidak aman buat penump­ang. Jadi, perbaikan masalah wajib untuk dilakukan. Infla­tor kantong udara penumpang depan akan diganti sesuai reko­mendasi.

Perbaikan Impreza di Indo­nesia bisa jadi hal sulit untuk dilakukan. Pasalnya, Subaru Indonesia tengah “jalan di tem­pat” karena aktivitas penjualan telah dihentikan. Hingga saat ini, belum ada perwakilan Sub­aru Indonesia yang memberi penjelasan mengenai recall Im­preza.(*)