Ma’asyirol muslimin Rohimakumullah, Mengandalkan amalan ibadah hanya kepada Allah SWT dengan tidak memperdulikan amalan terhadap sesama makhluk Allah maka orang yang demikian ini adalah orang-orang egois yang merasa cukup dengan amalannya, padahal nabi mencontohkan dan mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berkasih sayang terhadap sesama, hormat menghormati, dan lain sebagainya. Adapun hanya memikirkan ibadah terhadap sesama makhluk Allah SWT tanpa menghubungkan peribadatan dengan Allah SWT, ketahuilah orang yang demikian itu adalah orang yang jahil lagi sombong, k a r e n a beranggapan amalannya itu bisa membawanya kepada keridhoan Allah SWT. Solusinya adalah hendaklah manusia senantiasa menjalin hubungan ibadah baik kepada Allah SWT maupun terhadap sesama makhluk Allah SWT.

Ma’asyirol muslimin Rohimakumullah Diantara amalan ibadah yang dilakukan antar sesama makhluk Allah SWT adalah berinfak dan bersedekah. Amalan ini memilki keutamaan yang banyak sehingga menjadi sebuah amalah yang dibutuhkan oleh orang-orang yang telah wafat bahkan menjadi angan-angan mereka apabila Allah memberi kesempatan bagi orang-orang yang diwafatkan oleh Allah SWT, sebagaimana firmannya QS.Al-Munafiqun: 10 “Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami Berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhan-ku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.”

Ma’asyirol muslimin Rohimakumullah Ada apa dengan amalan sedekah, sehingga mereka orang-orang yang hendak menemui ajalnya dan bahkan yang sudah menjumpai ajalnya pun berangan angan ingin bisa berinfak atau bersedakah, bukan ingin menegakkan sholat, atau puasa, atau berhajji dan lain sebagainya. Karena amalan bersedekah ini adalah amalan yang ringan dan mudah dilakukan dengan waktu yang singkat. Tidak seperti amalan-amalan lainnya yang terikat dengan ruang dan waktu. Sedekah tidak hanya harus berbentuk materil tapi segala bentuk kebaikan yang diusahan oleh manusia baik dalam bentuk tenaga, nasehat, pemikiran yang membawa maslahat kesemuanya terhitung sedekah. Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori: “Dari Jabir bin Abdillah RA, dari Nabi Shollalu ‘Alayhi Wasallam, Setiap bentuk kebaikan terhitung sedekah “ S e d e k a h amalan yang bersifat lama dan terus berkembang, seb a g a i m a n a dalam firman Allah SWT QS. Al-Baqoroh 261 dan 276: Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah Melipatgandakan bagi siapa yang Dia Kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui. “ Allah Memusnahkan riba dan Menyuburkan sedekah.** Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa “ Dalam sebuah Hadits nabi bersabda : “Apabila manusia meninggal dunia, terputuslah segala amalannya, kecuali dari tiga perkara: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang mendoakannya”. [HR. Muslim, Abu Dawud dan Nasa’i]

BACA JUGA :  DARI PREMAN TERMINAL, SEKDES HINGGA ANGGOTA DPRD PROVINSI JABAR

Ma’asyirol muslimin Rohimakumullah Subhanallah betapa dahsyatnya amalan sedekah ini sampai-sampai dia memiliki keutamaan yang begitu banyak, berbagai macam hadits tentang keutamaan sedekah disampaikan oleh sayiduna Muhammad SAW dengan riwayat yang banyak. Diantaranya dengan bersedekah Allah menganugerahkan kepada kita: Penyelamat dari ancaman neraka Penyembuh dari segala macam penyakit Memudahkan segala perkara yang sulit Sedekah menjadi naungan bagi sihambanya nanti dihari kiamat Sedekah sebagai penolak bala atau musibah Sedekah dapat berlipat-lipat ganda ganjarannya hingga 700 kali lipat Sedekah pembersih hati dan diri Dan masih banyak lagi keutamaan yang Allah kasih untuk si pelaku sedekah Secara psikologis pun orang yang rajin bersedekah akan mengalami : Menyumbang memberikan cahaya kehangatan dan kebahagiaan Memberi sedekah membuat kita merasa senang dengan diri kita sendiri Menyumbang membantu kita menghindari perasaan bersalah diri (guilty feeling) Menyumbang mempertahankan image diri Semoga apa yang kami sampaikan ini menjadi motivasi untuk kita semua agar memiliki semangat dalam beramal sholeh, baik amalan yang wajib maupun yang sunnah diantaranya bersedekah. Aamiin yaa robbal ‘aalamin. ”Barokallah liy walakum fil quranil karim, wa nafa’ana wa iyyakum bima fiihi minal aayati wa dzikril hakim aquulu qouliy hadza wa astaghfirullaha liy walakum wa lisaairil mu’minina wal mu’minat wal muslimina wal muslimat fastaghfiruuh innahu huwal ghofururrohiim “.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================