Untitled-11

Produsen alat tulis asal Jerman, Faber-Castell, terus menggoreskan kinerja baik di Indonesia. Salah satu daerah dengan potensi pasar yang terus tumbuh adalah Bogor. Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Coordinator Sales Institution Faber-Castell area Bogor, Agus Salim, saat berbincang dengan BOGOR TODAY, Rabu (27/5/2015).

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Sepanjang kuartal I/2015, Faber- Castell di Bogor mencatatkan per­tumbuhan sebesar 20 persen. Meski tum­buh, kata Agus, jika dibandingkan kuartal pertama tahun sebelumnya (Year on Year) justeru menurun. “Periode yang sama 2014 kami mampu tumbuh hingga 30 persen. Saya rasa sek­tor lain juga pertumbuhannya cenderung melambat, tidak hanya kami,” ujar Agus.

 Menurutnya, salah satu fak­tor yang mempengaruhi ada­lah pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal I 2015 sebesar 4,71 persen. Angka ini turun 0,5 persen dibanding­kan pertumbuhan ekonomi pada periode yang sama ta­hun lalu yang mencapai 5,21 persen.

Agus mengaku masih tetap optimistis meski perlambatan ekonomi tengah melanda ham­pir sektor. “Kami akan pacu di momen tahun ajaran baru ini. Meski berbarengan dengan momen Ramadhan dan Leb­aran, pasar tetap akan membeli perlengkapan sekolah sekitar Agustus. Soalnya Juni-Juli ini pasar akan sedikit menahan belanja kebutuhan lain, selain sembako,” jelasnya.

Baca Juga :  Daftar 5 Harga Laptop Asus Terbaik Tahun 2021

Pertumbuhan juga akan ter­us dipacu Faber-Castell Bogor lewat serangkaian event den­gan terjun langsung ke calon konsumen. Cara ini dinilainya merupakan langkah berpro­mosi jitu dan efektif. “Kami kunjungi sejumlah sekolah, utamanya TK dan SD. Dalam sebulan kami bisa menggelar event hingga 22 kali, seperti lomba-lomba mewarnai dan lain-lain. Lomba tersebut juga berhadiah jalan-jalan ke luar negeri,” terangnya.

Ketika calon konsumen mencoba produk-produk itu, mereka akan merasa­kan langsung manfaat dan kelebihannya. “Kalau untuk SMP dan SMA biasanya kami lakukan jelang ujian nasion­al. Kami berikan tips dalam mengisi lembar jawaban dan kami juga menggelar try out. Cara ini sangat efektif agar produk kami semakin dekat di masyarakat. Memang tidak semua semua langsung mem­beli. Tapi calon konsumen itu pasti tahu perbedaan produk kami,” ujarnya.

Bahkan, karena produk Faber-Castel banyak diserap oleh pasar TK dan SD, pihakn­ya memberikan jaminan bahwa bahan yang digunakan aman. “Kami juga memberikan demo dengan meminum tinta yang ada dalam konektor pen. Dan ternyata aman,” imbuhnya.

Faber-Castell sendiri mu­lai hadir di Indonesia pada awal 1990-an dengan mendi­rikan pabrik pensil (PT A.W. Faber-Castell Indonesia). Di Indonesia, Faber-Castell mu­lai serius menggarap distri­busi dan marketing pada 1999 didahului dengan perusahaan lokal yang bernama PT Faber­indo Perkasa, dan mulai tahun 2005 seluruh kegiatan opera­sional diambil alih oleh Faber- Castell dan namanya menjadi PT Faber-Castell International Indonesia.

Baca Juga :  Frida Aulia Indonesia Tampil di Fashion Show  Launching Batik Khas Parepare

PT Faber-Castell Interna­tional Indonesia kini memiliki 6 kantor perwakilan cabang dan 25 jaringan distribusi di seluruh Indonesia dan tetap dalam komitmen untuk mem­berikan produk yang aman dan berkualitas. “Secara umum, Faber-Castell memi­liki 6 kategori produk dengan kurang lebih ada sekitar 300 item yang dijual di pasar,” kata dia.

Kategori pertama adalah Playing and Learning, di mana produk ini untuk menggambar dan mewarnai dengan men­yasar segmen anak usia 3-12 tahun. Kedua, Art and Graphic, melanjutkan produk Playing & Learning namun untuk usia remaja hingga dewasa, juga un­tuk orang dewasa yang memi­liki hobi melukis bahkan sam­pai pelukis profesional.

Ketiga, Produk Premium, jenis alat tulis mewah untuk kalangan profesional, ekse­kutif dan kolektor. Keempat General Writing, produk alat tulis untuk sekolah hingga perkantoran. Kelima Marking, produk untuk menandai. Dan keenam, Creativity for Kids, sub brand dari Faber-Castell yang dikhususkan kepada produk-produk bermain yang kreatif dan edukatif.

(Apriya­di Hidayat)