Untitled-2

PT XL Axiata Tbk (XL) memastikan jaringan­nya telah siap melayani pelanggan selama bulan Ramadan dan Lebaran. Setiap tahun, di kedua momen tersebut sellau terjadi kenaikan trafik yang signifikan di semua jenis layanan.

Untuk itu, guna memasti­kan kesiapan jaringan dan lay­anan sehingga kenyamanan pelanggan selama Ramadan dan Lebaran tetap terjaga dengan baik, XL menggelar uji jaringan (net rally) secara serentak di lima wilayah operasional dengan men­gajak perwakilan dari berbagai media massa, di Sumatera Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan, 28 Mei 2015.

Presiden Direktur/CEO XL, Dian Siswarini mengatakan, ke­naikan trafik tidak hanya terjadi di Jawa, namun juga di berb­agai wilayah lainnya. “Karena itu kami melakukan uji jaringan ini secara serentak di lima wilayah operasional XL, sekaligus untuk memastikan bahwa jaringan kami hingga ke pelosok daerah pun su­dah siap sepenuhnya menyambut Ramadan dan Lebaran, di mana umat Islam akan banyak meng­gunakan layanan selulernya, baik Voice, SMS, maupun juga Data untuk bersilaturahim. Kami akan siaga 24 jam sehari selama mo­men ini berlangsung,” terang Dian kepada BOGOR TODAY dalam ket­erangan resminya.

Dian menambahkan, saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 470 juta me­nit/hari. Sementara untuk trafik SMS adalah 525 juta SMS/hari, dan trafik data sebesar 500 Tera­bytes/hari.

Baca Juga :  Peternak Ayam Petelur di Bogor Babak Belur, Harga Telur Pecah

Selama Ramadan dan Lebaran nanti diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik sekitar 5-10 persen untuk layanan voice atau telepon, 10-15 persen pada SMS, dan 20-30 persen di data, dibandingkan den­gan trafik di hari biasa. Kenaikan trafik terbesar akan terjadi pada layanan data mengingat terjadi perubahan perilaku pelanggan yang semakin aktif menggunakan berbagai aplikasi sosial media, tidak hanya di kota besar namun juga di berbagai wilayah atau pe­losok daerah lainnya.

“Kenaikan trafik relatif merata di berbagai kota seluruh Jawa. Sementara di luar Jawa, kenaikan trafik yang signifikan biasanya ter­jadi di Lampung, Sumatera Barat, dan Bangka, dengan rata-rata ke­naikan sebesar 13 persen,” tan­dasnya.

Ramadan dan Lebaran juga identik dengan aktivitas perjala­nan pulang kampung. XL telah menyiapkan jaringan sedemiki­an rupa agar pelanggan yang melakukan perjalanan mudik juga tetap bisa mendapatkan jaringan yang baik. Secara umum, XL telah melakukan penambahan kapasitas, op­timisasi jaringan, melakukan uji jaringan, dan penyediaan fasilitasmobile BTS (MBTS) di 25 titik, baik di jalur mudik, terminal, maupun pusat-pu­sat keramaian. XL juga akan mempersiapkan petugas teknis untuk siaga selama Ramadan dan Lebaran baik di kantor pu­sat maupun di lapangan.

Di tahun ini, XL juga mu­lai mengoptimalkan peman­faatan metode Data Network Analytics untuk pembangu­nan jaringan dan fokus pada pelanggan. Metode ini mem­permudah XL untuk melaku­kan prioritas pengembangan jaringan, lebih fokus kepada pelanggan dan memudah­kan identifikasi hubungan so­sial antar pelanggan dan antar area.

Baca Juga :  Frida Aulia Indonesia Tampil di Fashion Show  Launching Batik Khas Parepare

XL akan semakin mudah mendeteksi perkembangan perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan XL ter­masuk tentunya lokasi-lokasi di mana terjadi konsentrasi pel­anggan yang sedang menggu­nakan berbagai jenis layanan. Selain itu, XL juga akan da­pat lebih optimal untuk dapat memberikan layanan yang leb­ih baik dengan penawaran val­ue yang lebih sesuai dengan perilaku pelanggan tersebut, sehingga pelanggan dapat mer­asakan kesesuaian dan ketepa­tan antara kebutuhan dengan layanan yang diberikan, se­hingga pada akhirnya dapat mendorong pelanggan untuk lebih aktif lagi dalam meng­gunaan layanan-layanan yang disediakan oleh XL. Optimal­isasi penggunaan metode net­work analytics ini sejalan den­gan upaya XL saat ini untuk melakukan transformasi bisnis, dimana salah fokusnya meraih pelanggan yang produktif.

Uji jaringan atau network drive test lazim dilakukan oleh operator telekomunikasi untuk mengetahui kekuatan sinyal, kualitas jaringan, dan kualitas layanan di suatu tempat. Sesuai standar, alat yang diperguna­kan adalah alat ukur (TEMS) dan Tools – komputer (Map Info).Teknis melakukan uji jar­ingan bisa menggunakan kend­araan yang bergerak, baik bus atau pun kereta api.XL sendiri melakukan uji jaringan seperti ini secara berkala di seluruh wilayah layanan.

(Apriyadi Hi­dayat)