Untitled-3

Berlian merupakan perhiasan yang paling diminati masyarakat menangah atas. Bahkan, peminatnya tak hanya datang dari kaum wanita, tetapi juga pria. Hal tersebut seperti BOGOR TODAY pantau dalam pemeran berlian yang diboyong oleh brand ternama, Frank & Co. di Hotel Salak The Heritage, Kota Bogor.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Perlambatan ekonomi sepertinya tidak terla­lu berpengaruh terha­dap penjualan berli­an. Permintaan berlian diakui Manager Frank & Co., Riduan Haris, tetap stabil meski di tengah ketidakpastian ekono­mi. “Untuk berlian saya rasa tidak terlalu berpengaruh ya. Kita punya pasar tersendiri. penggunanya eksklusif. Jadi, mereka lihat, suka, cocok ya pasti dibeli berapapun harganya. Semacam sudah kebutu­han untuk kalangan seperti mereka,” ungkap Riduan ke­pada BOGOR TODAY di Hotel Salak, Jumat (29/5/2015).

 Ia menambahkan, pasar berlian di Bogor cenderung tumbuh seiring dengan per­tumbuhan kelas menengah atas di Indonesia yang sudah meluas hingga ke daerah. “Frank & Co. sudah menggelar pameran di sini sejak 2004 hingga 2009. Kita sempat off sementara untuk menggelar pameran di kota lain. Tapi ternyata pelanggan kami di Bogor banyak yang minta digelar lagi di sini, jadi kita mulai lagi 2015 ini. Bogor po­tensinya bagus. Selain berjua­lan, pameran ini juga dalam rangka maintenance pelang­gan,” terangnya.

Baca Juga :  Peternak Ayam Petelur di Bogor Babak Belur, Harga Telur Pecah

Riduan sendiri enggan me­nyebutkan target transaksi dalam pameran tersebut. Ia hanya menyebutkan tar­get kunjungan hingga 400 orang. “Di mall memang bisa di atas itu kunjungan tapi po­tensi pemblian kurang karena orang yang datang biasanya yang nggak sengaja lewat. Ka­lau di Hotel ini kan kelihatan, mereka yang datang memang sudah punya niat ingin mem­beli. Pemilihan tempat di Ho­tel Salak juga karena merupa­kan hotel ternama di Bogor dan letaknya strategis di pusat kota. Konsumen kami juga menginginkan sebuah tempat yang privat,” jelas dia.

Untuk pembukaan gerai, lan­jut Riduan, pihaknya belum be­rencana untuk menambah gerai Frank & Co. di Bogor meskipun potensi pasarnya terbilang baik. “Kita memiliki hampir 20 gerai, kebanyakan di Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Lokasi Bogor kebetulan dekat dengan Jakarta jadi itu yang menjadi pertim­bangan kami. Alasan lainnya, di Bogor belum ada mall yang pas untuk penjualan produk kami, harus grade A+, sepeti di mall-mall di Jakarta,” beber dia.

Baca Juga :  Bakso Mang Digul, Pilihan Pencinta Kuliner Bakso Dengan Jenis Toping Daging Slice

Dalam pameran tersebut, Frank & co juga memberikan benefit, seperti potongan har­ga, reparasi dan kemanjaan lainnya. “Untuk harga, kita jual kalung berlian termurah yakni Rp3,5 jutaan. Itu harga sepsial dalam pameran. Kita juga menyediakan promo cincin pernikahan dan ada juga berlian termahal sekli­pun,” imbuhnya.

Keunggulan berlian di Frank & co menawarkan koleksi berlian warna F dan kejernihan VVS (Very Very Slightly). Istilah F color dan VVS clarity ini merupakan level kualitas teringgi dalam dunia berlian untuk menje­laskan skala wana, kejernihan secara terbuka di setiap ser­tifikat perhiasan yang dijual kepada pelanggan. “Kami me­miliki standar berlian kualitas tinggi harus memenuhi unsur 4C atau colour, carat, clarity, cut sesuai standar dunia,” tandasnya.

Berlian Kaum Pria

Berlian tidak hanya untuk wanita. Batu cemerlang itu sebenarnya sejak dulu juga dipakai pria. Hanya, tidak seperti wanita, pria tidak ter­lalu menonjolkan pemakaian­nya. “Pembeli juga banyak dari kalangan pria. Mereka biasanya membeli cincin atau kalung. Kami tahu bahwa pria pun menyukai kemewahan dengan caranya. Dan berlian ini memberi kesan berbeda yang sangat berkelas,” katanya.

(Apriyadi Hidayat)