alfian mujani

KALAU tembang lang­gam Jawa itu biasa. Hingga saat ini masih banyak yang pandai membawakannya. Didi Kempot adalah representasi penyanyi pop yang piawai menyanyikan lagu-lagu dengan langgam jawa. Tetapi kalau baca sari tilawah Alquran dengan langgam Jawa, itu baru tak biasa. Jumlah orang yang fasih membawakannya juga sudah sangat langka. Pada era Walisongo mung­kin masyarakat masih banayak yang bisa mem­baca Quran dengan langgam Jawa, terutama di wilayah dakwah Sunan Kalijaga.

Itu sebabnya, ketika Presiden Joko Widodo menghadirkan pembaca sari tilawah berlang­gam Jawa pada acara kenegaraan peringatan Isra Mi’raj, banya orang yang terperangah. Muhammad Yasser Arafat, dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sengaja diundang Presiden Jokowi khusus untuk membaca sari tilawah dengan langgam Jawa. Jokowi sendiri tampak sangat menikmati alunan ayat Alquran dengan langgam tak biasa itu. Mantan Presiden PKS Hi­dayat Nurwahid yang duduk di deret kursi be­lakang Jokowi, tapak sekali terkejut ketika sang qori membacakan surat Al-Isra.

Sari tilawah langgam Jawa di acara kenegaraan ini langsung bikin heboh jagat maya, setelah rekamannya diunggah di jejaring so­sial YouTube. Penasaran? Silakan didengarkan sendiri…!