daihatsu-copen-07

Daihatsu Copen menjadi produk terbaru yang ditawarkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk konsumen menengah ke atas di Indonesia. Mengusung konsep sedan sport kupe, Copen menawarkan deretan fitur menarik yang unik

Oleh : Adilla Prasetyo
[email protected]

Di balik desain sporty mungil serta warna bodi yang mencolok, ada banyak hal seru yang tertanam pada Copen. Pertama, tentu saja fitur bong­kar pasang bodi yang sudah diperkenalkan ADM sejak IIMS, tahun lalu.

Konsumen bisa mencopot dan mengganti bodi dengan cara yang mudah. Hanya saja, ada regulasi di Indonesia yang mengatur soal warna kend­araan dan tertera di dalam STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

“Fitur utama Copen adalah bodi yang bisa diganti dengan mudah, dan warnanya bisa disesuaikan dengan selera pe­milik. Sayang di Indonesia fitur ganti bodi agak sulit dipakai. Pasalnya warna kendaraan tertera di STNK dan tidak bisa sembarangan di ganti,” jelas Ahmad Syaufi, Head Techni­cal Service Division PT ADM, Kamis (29/5/2015).

Baca Juga :  Motor Mendadak Mati Usai Lewati Banjir, Jangan Nyalakan Dulu Bos, Ini Kata Ahlinya

Copen menggunakan rang­ka D-Frame dengan desain yang tidak membutuhkan la­pisan bodi berat seperti plat besi maupun alumunium. Den­gan D-Frame, bodi Copen bisa langsung dipasang plastik resin yang ringan dan fleksibel serta bisa dibongkar pasang.

Gaya makin trendy dengan kemampuan atap yang bisa dibuka secara elektrik. Cukup melepaskan kait pengunci di sisi atas pilar A, lalu tekan tombol di konsol tengah dan biarkan atap membuka sendi­ri secara otomatis selama 10 detik. Tombol power window juga berada di konsol tengah, sedangkan monitor infotain­ment berada di atas dasbor guna mendapat kesan kokpit futuristik.

Juga ada mikrofon kecil di depan meter cluster. Ini ber­fungsi untuk melakukan atau menerima telepon yang terin­tegrasi dengan sistem infotain­ment pada mobil. Hubungkan ponsel pintar dengan sistem infotaintment di konsol ten­gah, maka pengemudi atau pe­numpang bisa menelpon tanpa harus memegang ponsel.

Baca Juga :  5 Bagian-Bagian Mobil yang Rentan Rusak Saat Terkena Air Hujan, Pemilik Wajib Tahu

Fitur-fitur canggih layaknya mobil mewah juga tersemat di Copen, antara lain key free sys­tem, start/stop engine dan Im­mobilizer. Tilt steering untuk mengatur ketinggian kemudi sesuai dengan kebutuhan pen­gendara. Kontrol audio di ling­kar kemudi palang tiga, speaker 16 inci dan jok yang dilengkapi dengan penghangat.

Juga ada ECO Idle berguna mematikan mesin saat ber­henti cukup lama. Mesin akan menyala kembali begitu pedal rem diangkat. Jangan lupa, Copen mengunakan knalpot ganda yang berfungsi aktif atau bukan hanya pajangan semata.

Tidak ada logo Daihatsu pada ujung kap mesin sedan sport kupe convertible ini. Sebagai gantinya ada logo ‘Copen’ yang unik dan cukup membuat banyak orang tidak sadar bahwa ini adalah produk keluaran Daihatsu.