Untitled-7

JAKARTA TODAY – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya program pemerataan pembangunan dengan membuka peluang transmigrasi ke pada 4.336 Kepala Keluarga (KK).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, danTransmigrasi, Marwan Jafar mengatakan, selain sebagai petani, para transmigran nantinya juga akan diberdayakan sebagai nelayan.

Selain jadi petani, ada juga yang kita arahkan untuk jadi nelayan. Ini sejalan dengan misi pemerintah untuk meningkatkan sektor kelautan dan sejalan dengan upaya Bu Susi yang ingin meningkatkan perikanan nasional,” kata Marwan, kemarin.

Baca Juga :  Deretan Kasus Kepolisian Hingga Muncul Tagar #PercumaLaporPolisi Menggema

Marwan mengatakan, para transmigran yang diarahkan menjadi nelayan ini nantinya akan dibekali dengan berbagai fasilitas dari mulai bidang tanah untuk digarap, rumah tinggal, biaya hidup setiap bulannya hingga bantuan peralatan untuk bekerja seperti perahu dan alat tangkap.

“Ini adalah peluang yang diberikan oleh negara bagi warganya untuk lepas dari jeratan kemiskinan dan meraih kehidupan yang lebih sejahtera melalui program transmigrasi,” tutur dia.

Baca Juga :  180 Rumah Warga di Kudus, Diterjang Angin Kencang, BMKG Terbitkan Peringatan Dini

Marwan Jafar juga menjanjikan, transmigran bakal mendapat lahan seluas 0,25 hektar/KK, yang diberikan gratis. Lalu untuk perkebunan, akan diberikan tanah seluas 3 hektar/KK yang diberikan dengan biaya yang terjangkau dan bisa dicicil. “Lokasi tujuan penempatan tranmigrasi tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah kabupaten tujuan pe nempatan sebanyak 55 Kabupaten,” ungkap Marwan.

(Yuska Apitya/net)