d64ad1e2f81dbc79a1e0c0d75639bc15-1377370468

VERONA, Today – Usia tak selalu menjadi pato­kan produktivitas pesepakbola. Meski sudah terhi­tung seorang pemain veteran, Luca Toni membuk­tikan dirinya belum habis lewat gol-gol yang terus mengalir dari kaki dan kepalanya.

Toni baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-38 pada Selasa (26/5/2015) lalu. Di usia setua itu, tak jarang pemain-pemain top yang sudah mening­galkan sepakbola Eropa dan menerima tawaran dari Timur Tengah atau Amerika Serikat.

 nah beberapa bulan membela klub Uni Emirat Arab Al Nasr. Dia bahkan berpeluang besar menjadi top skorer.

Toni saat ini tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Serie A den­gan 21 gol. Bomber Hellas Verona itu unggul satu gol atas Mauro Icardi dan Carlos Tevez yang usianya jauh lebih muda darinya.

Serie A musim ini masih me­nyisakan satu pertandingan. Jika Icardi dan Tevez tak bisa mencetak gol tambahan, maka Toni akan mendapatkan sepatu emas. Toni sebelumnya pernah menjadi top skorer Serie A pada tahun 2006. Dia pun berharap bisa melakukannya lagi tahun ini.

Baca Juga :  Quartararo Desak Yamaha Berbenah

“Itu akan sangat memuaskan, baik untuk saya maupun rekan-rekan setim saya. Saya bisa mencetak 21 gol juga karena mereka. Saya rileks dan cuma ingin menang,” ucap Toni sep­erti dikutip La Gazzetta dello Sport.

Ketajaman Toni musim ini sempat memunculkan wacana pemanggilan kembali eks striker Bayern Munich, AS Roma, Fiorentina, dan Juventus itu ke tim nasional Italia. Tapi, menurut pelatih Verona Andrea Mandorlini, hal itu sulit terwujud.

“Saya pikir itu sedikit berlebihan. Dia sudah 38 tahun. Tapi, kalau dia mendapatkan gelar top skorer, itu akan menjadi pencapaian yang luar bi­asa. Kalau Anda punya pemain seperti Luca di tim Anda, maka Anda harus bermain untuknya,” ujar Mandorlini.

Baca Juga :  XTC Kota Bogor Beri Penghargaan Kepada Hilman Peraih Medali Emas Peparnas Papua

Toni akan bebas kontrak pada akhir musim ini. Sejauh ini dia belum membuat keputusan akan melanjut­kan kariernya di mana. Tapi, ketaja­mannya sudah membuat sejumlah klub tergoda untuk merekrutnya.

Salah satu klub yang meminati Toni adalah peserta A-League, Ad­elaide United. Mereka tengah menja­jaki kemungkinan mendatangkan si pemain ke Australia.

“Dia sudah membuktikan diri se­bagai pencetak gol ulung. Dia masih mencetak banyak gol di Serie A, yang merupakan salah satu dari empat liga top di dunia. Dia melakukannya ber­sama tim papan bawah. Dia adalah seorang pemain berkualitas. Dia bisa memberi perbedaan untuk tim mana pun di A-League,” kata CEO Adelaide United, Michael Petrillo, di situs resmi A-League.

(Adil | net)