Untitled-6

PAMIJAHAN TODAY– Kementerian Agama RI berencana menampung pen­gungsi rohingya khususnya anak-anak di pondok pesantren. Dengan ditem­patkan di pesantren, diharapkan para anak-anak tersebut tetap mendapatkan perlakuan khusus dan pelajaran.

Hal tersebut dikatakan Men­teri Agama (menag) Lukman Hakim Saifuddin saat berkunjung di Desa Gu­nungmenyan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Rabu (27/5/2015).

Baca Juga :  Diiming-imingi Bantuan Covid-19,  Belasan Ibu Rumah Tangga di Sumatera Utara Kena Tipu

Menurut Lukman, pihaknya sudah berkomunikasi dengan sejumlah pon­dok pesantren untuk bisa menerima pengungsi anak-anak rohingya. “Jadi banyak anak-anak pengungsi rohingya yatim piatu untuk bisa ditampung di pesantren,” katanya.

Penerimaan anak-akan tersebut dilakukan secara bertahap. Selain itu lewat pendataan terlebih dahulu serta dalam jangka waktu tertentu. “Tidak selamanya, tergantung kondisi di ne­garanya. Bila konflik tersebut sudah selesai atau keinginan si anak ingin pu­lang, pemerintah akan memfasilitasi,” katanya.

Baca Juga :  Viral Seorang Istri Membuka Kotak Makanan, Isinya Bikin Merinding

Selama berada di pesantren, kata Lukman, anak-anak tersebut akan mendapatkan pendampingan, teru­tama untuk menghilangkan trauma. Selain itu, mereka juga diharapkan bisa mendapatkan pelajaran formal dan non formal.

(Yuska/net)