BANDUNG, Today – Kisruh sepakbola nasional tidak membuat FAF Sport Management ikut larut di dalamnya. Karena itu, mereka menggelar turna­men sepakbola internasional U-14 dan U-16 bertajuk Garuda International Cup 2015, di Lapangan Progressif Sigma Sport and Community Centre, Band­ung, Sabtu (13/6) dan Minggu (14/6).

Fanny Riawan dari FAF Sport Man­agement mengatakan sebanyak 16 tim sekolah sepakbola (SSB) dari Malay­sia, Singapura, Australia dan Selandia Baru akan ambil bagian dengan tim dari Indonesia asal Malang, Jakarta dan Bandung. Setiap tim peserta ter­diri dari 16 pemain dan 2 ofisial.

Fanny menyatakan bahwa Indone­sia tidak ingin tertinggal dari negara lain yang setiap tahun mampu meng­gelar turnamen internasional.

Misalnya saja, Gothia Cup di Swed­ia, London International Soccer Festi­val di Inggris, Oslo Cup di Norwegia, Singa Cup di Singapura dan Kangga Cup di Australia.

“Selama ini, kita hanya mampu se­bagai peserta. Inilah saatnya kita men­jadi tuan rumah dan membuktikan diri,” ujar Fanny.

Lebih lanjut, Fanny menyatakan bahwa panitia penyelenggara dalam menjaring peserta tidak asal-asalan dan sangat strategis. Selain mengir­imkan undangan ke SSB di Asia dan Eropa, juga melakukan road show ke Malaysia, Singapura, Thailand dan Australia.

Sementara, lapangan yang digu­nakan yakni rumput sintetis dengan standar FIFA. Hal tersebut, dilakukan agar citra baik dan profesionalisme In­donesia lebih dikenal dunia luar.

Sedangkan kota Bandung dipilih karena lebih kondusif. Utamanya, dari sisi lalu lintas yang tidak sesibuk Ja­karta.

Selain itu, memiliki destinasi wisata dan akan menampilkan budaya tradis­ional angklung dan acara welcoming party serta city tour ke Gedung Sate, Gedung Merdeka dan Museum Sri Ba­duga.

Seluruh peserta akan menjadi pemenang, karena mendapatkan pia­la dan medali serta sertifikat. “Peng­hargaan tidak hanya kepada pemain terbaik, melainkan untuk best goal­keeper, best defender, best midfield­er, best striker, dan top skor,” imbuh Ade Wellington, Chairman of Garuda International Cup 2015. (Imam/net)