BOGOR TODAY – Kesiagaan satuan tugas (Satgas) penanganan korban bencana dan kecelakaan lalu lintas dipantau pada gelar pasukan apel siaga di halaman Polresta Kota Bogor, Selasa (16/6/2015). Gelar apel siaga itu dikomandoi Kompol Satya Widhy. Siapa dia?

Ia adalah Wakapolres Bogor Kota. Di sela pidatonya, Satya mengatakan, bencana yang terjadi di tanah air, baik yang disebabkan oleh alam maupun ulah manusia merupakan peristiwa yang mengancam dan mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat. Selain juga, menelan korban jiwa, merusak lingkungan serta menyedot kerugian materiil.

Baca Juga :  Perumda Tirta Pakuan Kembali Tunaikan Zakat Perusahaan ke Baznas Kota Bogor

“Bencana juga menimbulkan per­masalahan lain seperti pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat pengungsi, kerawanan penyakit menular serta keamanan harta benda yang dit­inggalkan para pengungsi,” bebernya.

Sehubungan itu maka dalam program 100 hari kerjanya, Kapolri telah membentuk satuan tugas khusus penanganan bencana alam dan kecelakaan, baik di tingkat Mabes, Polda maupun Polres.

Baca Juga :  Tender Barang dan Jasa di Kota Bogor Capai 70 Persen

“Nantinya satgas ini diharapkan men­jadi ujung tombak Polri dalam membantu men­gatasi peristiwa bencana alam,” ujarnya.

Satya juga, menjelaskan, anggota satgas bencana alam dan kecelakaan, harus mempunyai kemampuan SAR dan P3K, selain mampu bekerjasa­ma dengan tim maupun instansi lainya. “Juga mam­pu melakukan pembinaan terhadap masyarakat mengenai penanganan bencana alam serta ke­celakaan dengan penampilkan sosok seorang Polri yang penolong dan pelayan masyarakat,” ucapnya, serius.

(Guntur Eko Wicaksono)