Sony-A7R-Mark-II-(3)Sony kembali memperkenalkan kamera tipe mirrorless dengan sensor full-frame, kali ini bernama A7R Mark II yang merupakan penerus dari model sebelumnya, A7R

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Dibanding pen­dahulunya itu, s e b a g a i m a n a d i r a n g k u m BOGOR TODAY dari PetaPixel, A7R Mark II menawarkan sejumlah peningkatan seperti resolusi sensor yang mening­kat dari 36 megapiksel menjadi 42 meg a p i k­sel. Ada juga fitur “peredam goyangan” alias im­age stabilizer 5-axis yang terintegrasi di dalam tubuh A7R Mark II, seperti yang ter­dapat pada saudaranya, A7 Mark II.

Baca Juga :  Sepenggal Kisah Rumah Makan Rindu Alam yang Didirikan oleh Tentara

Sensor full-frame milik A7R Mark II merupakan yang pertama di dunia den­gan teknologi Back-Side Illumination (BSI). Sony mengklaim bahwa BSI me­mungkinkan sensor A7R Mark II memiliki resolusi tinggi dan sensitivitas ter­hadap cahaya yang tinggi pula, dengan tingkat ISO mencapai 102.400.

Sektor kinerja turut mendapat sorotan den­gan titik AF phase-detect sebanyak 399 buah yang ditanamkan langsung ke sensor penangkap gam­bar. Komponen ini disebut meningkatkan kecepatan respon autofokus sebesar 40 persen dibandingkan model pendahulu.

Baca Juga :  Status PPKM Kota Bogor Berubah Level 2, Bima Siap Bantu Kabupaten Tuntaskan Vaksinasi

Fitur lain termasuk shutter dengan masa hidup 500.000 kali jepret, konektivitas Wi-Fi dan NFC, silent shooting, jendela bidik elektron­ik dengan pembesaran 0,78X, cangkang magne­sium, serta perekaman video 4K dalam berbagai format seperti Super 35 dan full-frame.

Kemampuan A7R Mark II mesti ditebus dengan harga mahal. Kamera ini rencananya bakal diban­derol 3.200 dollar AS atau sekitar Rp 42 juta saat mu­lai dipasarkan pada Agus­tus mendatang.