Untitled-5Desainer interior Cheryl Eisen, mengatakan bahwa untuk menciptakan kemewahan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Hanya dengan beberapa trik sederhana dan tentunya murah, Anda bisa mendapatkan ruangan yang terlihat mewah dan mahal.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Trio seni

Lukisan triptych atau lukisan yang dibagi menjadi tiga bagian atau tiga panel ter­pisah, secara instan bisa men­ingkatkan suasana mewah dalam satu ruangan. Bebera­pa tahun terakhir, panel trio ini telah mengalami perkem­bangan. Relatif murah, dan Anda masih bisa membuatnya sendiri.

Eisen menyarankan, Anda bisa memulai untuk mengun­duh gambar di internet. Ke­mudia, cetak gambar tersebut dalam ukuran besar, dan gunt­ing gambar tersebut menjadi tiga bagian. Terakhir, siapkan tiga bingkai untuk gambar-gambar tersebut. Hasilnya, Anda pun mendapatkan trip­tych yang sesuai untuk interior rumah tanpa mengeluarkan banyak uang.

Buat ilusi

“Semakin besar karpet, se­makin terasa luas juga suatu ruangan,” kata Eisen. Ia ser­ingkali membuat ruangan terasa luas dengan mengom­binasikan antara karpet yang besar dan cermin besar di dindingnya.

Kurangi pernak-pernik

Daripada memenuhi rak dengan pernak-pernik, Eisen memilih tampilan minimalis. Beberapa buku bersama vas tinggi, misalnya, bisa mengisi kekosongan tanpa membuat rak penuh.

Eisen juga menambahkan beberapa hiasan yang cukup besar dan berwarna. Tempat­kan juga satu kursi di depan rak buku tersebut.

Tampilan berani

“Setiap kamar membutuh­kan titik fokus,” kata Eisen. Jika Anda belum memilikinya, pusatkan ruangan dengan me­letakkan hiasan dinding yang menarik perhatian. Untuk me­motong biaya, Eisen menggam­bar dan mengecat sendiri tiga kanvas besar.

Bagi Anda yang tidak ber­bakat dalam menggambar, bisa gunakan cara pertama, yaitu mencetak sendiri gambar yang disukai. Kuncinya adalah menggantung karya tersebut sehingga mereka muncul se­bagai salah satu bagian besar yang memancing mata meli­hatnya saat pertama kali me­masuki ruangan.

Sentuhan drama

Eisen mengenyahkan jauh-jauh suasana kamar wanita yang identik dengan meja rias. Caranya adalah mengecat satu sisi dinding dengan warna gelap atau menutupinya den­gan grass cloth, yakni kain yang berbahan serat tanaman.

Dinding beraksen tekstur di belakang tempat tidur menam­bah kehangatan kamar dan memberikan tampilan sem­purna. Menerapkannya hanya pada satu dinding, bisa memo­tong anggaran dan menghemat waktu.

Nuansa alami

Interior rumah yang terk­ena sinar matahari adalah aset terbaik. Oleh sebab itu, Eisen menyarankan untuk mengecat dinding dengan warna-warna netral.

Untuk mencegah ruangan terasa membosankan, Eisen menambahkan bantal-bantal pada sofa dengan aksen berani atau berpola zigzag.

Elemen mengejutkan

Eisen sering menambahkan elemen-elemen dengan sen­tuhan yang tidak terduga. Sebagai contoh, ia melet­akkan headbord dengan warna gelap. Headboard ini akan terlihat mencolok bila cat kamar berwarna pucat. Pemandangan dari jendela

Jangan takut menempat­kan tirai atau gorden di sekitar jendela yang memperlihatkan pemandangan luar rumah. Anda harus menghindari war­na-warna cerah dan mencari warna netral untuk tirai yang membingkai jendela. Dengan begitu, mata Anda atau tamu akan tertarik untuk melihat ke arah jendela.

Jika masih ada ruang, Anda bisa menempatkan meja seder­hana di depan sofa. Tempatkan meja ini menghadap jendela.

Paduan eklektik

Eisen senang menghias kamar dengan palet natural, dengan sedikit menambahkan aksesoris berstektur dan ber­wrna. Skema favoritnya meng­gabungkan warna putih, abu-abu, dan krem.

Warna-warna ini, bisa men­ingkatkan kesan minimalis, na­mun tetap bernuansa mewah.

(KPS)