Arsenal-1

Arsenal merengkuh trofi piala FA untuk kali ke-12 dan mencatatkan mereka sebagai tim Inggris tersukses yang mengoleksi trofi dari kompetisi tertua di jagad raya

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Gelandang Arsenal, Mikel Arteta, mengklaimThe Gunners sebagai tim tersukses di Premier League setelah berhasil mempertahankan gelar Piala FA 2014-15.

Arsenal meraih Piala FA 2014-15 seusai mengalahkan Aston Villa 4-0, pada final di Stadion Wembley, Sabtu (30/5/2015). Ke­menangan Arsenal ditentukan gol Theo Wal­cott pada menit ke-40, Alexis Sanchez (50’), Per Mertesacker (62’), dan Olivier Giroud (90’).

Ini merupakan gelar Piala FA yang ke-12 bagi Arsenal. Pencapaian itu pun membuat mereka menjadi tim Inggris yang paling ban­yak meraih trofi Piala FA, melampaui tore­han Manchester United dengan 11 gelar.

“Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengakhiri musim ini. Kami membuat seja­rah hari ini sebagai tim tersukses di Inggris. Kini, kami siap untuk trofi yang lebih besar pada musim depan dan semoga ada lebih banyak trofi yang bisa diraih. Kami dalam momentum yang bagus,” kata Arteta.

Bek Per Mertesacker menambahkan, Arsenal memang layak mempertahankan gelar Piala FA. Menurutnya penampilan Ar­senal pada final Piala FA musim ini lebih baik ketimbang musim lalu.

“Tahun lalu, kami kesulitan pada babak pertama tetapi hari ini kami mencetak gol secara reguler dan memberikan apa yang kami perlukan. Gelar ini adalah cara terbaik untuk mengakhiri musim ini dan aku bisa menikmati liburan pertamaku sejak pen­siun dari sepak bola internasional,” tutur Arteta.

Setelah memenangi dua Piala FA secara beruntun, Arsenal berharap bisa naik level. Mereka ingin mengincar gelar juara Premier League musim depan. Setelah musim lalu, Arsenal kembali memenangi Piala FA musim ini. Ini jadi gelar Piala FA ke-12 sepanjang se­jarah The Gunners, sekaligus mengantarkan mereka jadi tim terbanyak yang memenangi trofi tersebut.

Berbeda dari musim lalu di mana Arsenal harus susah payah sebelum juara, musim ini mereka memetiknya dengan mulus. Musim kemarin ‘Meriam London’ harus tertinggal 0-2 lebih dahulu, sebelum menang 3-2 di ba­bak tambahan.

Kali ini Arsenal menang dengan bersih. Mereka dominan sejak awal, dengan persen­tase penguasaan bola 58%-42%. Total 16 tembakan dilepaskan dengan sembilan te­pat sasaran. Sedangkan Villa cuma punya dua percobaan dan tak satupun mengarah ke gawang.

“Ini menakjubkan. Setiap kemenangan itu memang fantastis, tapi cara yang kami lakukan sangatlah bagus. Kami berhasil tak kebobolan dan kami tahu jika kami melaku­kan itu, maka kami akan mencetak gol-gol dan memenangi laga,” kata Walcott dikutip BBC.

Usai dua gelar Piala FA secara berun­tun, Walcott berharap timnya bisa meraih titel Premier League musim depan. Apalagi sudah sejak 2003-2004 mereka sudah tak juara liga.

“Kami cuma perlu memulai dengan baik di Premier League musim depan. Ini adalah salah satu skuat terbaik yang kami miliki di Arsenal, jadi kami seharusnya meraih lebih banyak hal. Tapi sudah dua Piala FA seka­rang, jadi Premier League harus jadi target berikutnya untuk kami,” demikian Walcott.