Untitled-14Memasuki musim mudik 2015, maskapai penerbangan PT Citilink Indonesia akan menyiapkan tambahan 150 ribu kursi dengan 35 pesawat Airbus A320. Selain untuk arus mudik, penambahan kapasitas kursi tersebut dipersiapkan juga untuk arus balik lebaran 2015. Perseroan juga tengah aktif membuka layanan penerbangan ke sejumlah negara di Asia untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Upaya yang dilaku­kan Low Cost Carrier (LCC) ini demi mengantisi­pasi lonjakan penumpang selama arus mudik-balik lebaran. “Selama periode mudik ada tambahan sebe­sar 150.000 seat,” kata CEO Citilink Indonesia Albert Burhan, Rabu (24/6/2015).

Ia menerangkan, selama periode mudik, rata-rata ada penambahan jadwal penerbangan. “Bisa enam kali sehari,” tuturnya. Se­lama mudik nanti, diper­kirakan rute yang paling ramai adalah Jawa dan Sumatera. Pada 2 minggu ramadhan, jumlah penumpang­ tersisa, serta transaksi pembelian token listrik untuk kebutuhan analisa bisnis maupun pendukung kegiatan operasional.

“XL juga membantu pelanggan korporat untuk pembelian token listrik PLN Prabayar yang dapat mempermudah aktivitas operasional pelanggan korporat,” katanya.

SIMPLY terdiri dari me­ter listrik pintar, modul komunikasi data untuk komunikasi dua arah, serta perangkat teleko­munikasi berupa modem dan kartu XL. Saat jumlah kredit listrik pelanggan mencapai nilai minimal, notifikasi dari sistem XL akan menginformasikan status “low credit” secara otomatis ke nomor ponsel pelanggan.

Pelanggan kemudian melakukan pembelian token l istrik, yang bisa didapatkan dari top up channel yang tersedia (bank, atau modern chan­nel yang menyediakan to­ken listrik prabayar PLN). Saat pelanggan selesai melakukan transaksi pem­belian, maka secara otom­ati s token listrik akan ter­simpan di meteran listrik tanpa pelanggan melaku­kan pengisian secara man­ual. (Apriyadi Hidayat)