Untitled-8Coolpad resmi mengumumkan ekspansinya di Indonesia. Kehadiran produsen smartphone asal Negeri Tirai Bambu ini ingin merasakan manisnya pasar smartphone di Tanah Air. Nama Coolpad sendiri memang belum setenar Samsung atai iPhone, namun saat ini Coolpad menempati posisi ketiga di pasar ponsel 4G di Tiongkok.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Kehadiran Coolpad sekaligus membawa tiga produk terbaru mereka yakni Cool­pad Soar, Sky dan Star. Ke­tiganya merupakan produk unggulan yang memiliki kemampuan pada koneksi data 4G yang saat ini sedang dikembangkan di Indonesia.

“Indonesia merupakan negara terbesar keempat di dunia. Ini membuat kami tertarik memasarkan produk Coolpad di sini,” ujar Chair­man of Coolpad Group, Guo Deying.

Ketiga smartphone anyar yang diboyongnya berbasis Android, yakni F103 Star, E501 Sky, dan F101 Soar. “Akses inter­net yang cepat, kualitas kamera yang canggih untuk foto dan­sharing video, telah menjadi pri­oritas. Aspek-aspek inilah yang ingin diakomodasi oleh Coolpad. Tentunya, dengan tetap mem­perhatikan desain yang stylish,” jelasnya.

F103 Star menawarkan de­sain tipis namun stylish. Dibuat dengan double-side sapphire corning glass diklaim lebih ta­han goresan. Smartphone ini disokong oleh prosesor Qual­comm Snapdragon 64 bit MSM 8916 Quad Core berkecepatan 1,2 GHz dan RAM 1 GB. Layarnya sendiri berukuran 5 inch berte­knologi IPS OGS dengan resolusi 1280×720 pixel. Memiliki kamera depan 5 MP (F2.0) dan belakang 8 MP.

E501 Sky menawarkan la­yar besar dengan bodi ramp­ing. Layarnya sebesar 5,5 inch dengan resolusi 960×540 pixel. Sementara ketebalannya hanya 2,95mm. Dapur pacunya meng­gunakan prosesor dan RAM yang sama dengan F103 Star. Pun de­mikian dengan kameranya dan memori internalnya yang berka­pasitas 8GB.

F101 Soar menjadi jagoan pre­mium Coolpad. Diklaim paling kuat dan canggih dibanding dua saudaranya. Bodinya dibuat dari alumunium alloy sementara la­yar dan cover belakang memakai Corning Glass 3. Keunggulan uta­ma yang ditawarkan F101 Soar terletak pada kameranya. Me­miliki ukuran 13MP (F1.8 OIS) di bagian depan dan 8MP di depan. Selain fitur Beauty Mode yang memaksimalkan selfie, Coolpad turun melengkapi kameranya dengan optik anti getar.

Bicara spesifikasinya sendiri, F101 Soar ditenagai oleh prose­sor Octa Core MTK6595M 1,7GHz dan RAM DD3 2GB. Layarnya berukur 5,2 FHD mengusung Su­per AMOLED sehingga menjanji­kan tampilan gambar tajam.

CEO Coolpad Indonesia, Jeeves Jiang, menambahkan, ketiga ponsel ini menyediakan koneksi LTE 4G. Untuk harga, varian F103 Sky dibandrol Rp 2,3 juta. Sementara F501 Star dan F101 Soar dijual seharga Rp 3 juta dan Rp 5,5 juta.

Kehadiran smartphone 4G Coolpad dengan dilengkapi layanan Telkomsel yang prima diharapkan dapat meningkat­kan digital experience pelang­gan sehingga mempercepat adopsi 4G di masyarakat yang lebih luas dan lebih cepat lagi.

“Kami menargetkan di akh­ir tahun 2015, Coolpad akan memiliki lebih dari 2000 tim­sales yang dapat melayani peng­guna secara langsung melalui lebih dari 200 titik distribusi dan 25 pusat layanan pelanggan yang juga telah didirikan di kota-kota besar di seluruh Indonesia,” CEO Coolpad Indonesia, Jeeves Jiang.

Coolpad menargetkan un­tuk menjadi peringkat ketiga merek smartphone di Indone­sia dalam tiga tahun dan mer­aih 10 persen market share di pasar Indonesia. “Coolpad akan tetap berfokus kepada pengem­bangan smartphone 4G dalam rangka menyediakan perangkat dengan harga premium hingga harga yang terjangkau di semua kategori. Sehingga, masyarakat dapat saling terhubung dengan keluarga, teman, ataupun rekan bisnis dengan lebih aman dan nyaman,” tutup Jeeves Jiang. (*)