Untitled-6

Jangan menyepelakan suhu udara yang panas. Sebab, kekurangan cairan tubuh akibat suhu udara panas menyengat bisa memakan korban jiwa

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Gelombang panas di India telah memakan korban lebih dari 1000 jiwa. Banyak warga mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan karena suhu tinggi, yaitu mencapai 45-48 derajat celcius setiap hari belakangan ini. Bahkan, di beberapa wilayah di India, suhu mencapai 50 derajat celsius.

Untuk menekan angka korban jiwa, pemerintah India telah mengeluarkan imbauan agar warganya keluar rumah menggunakan penutup atau pelindung kepala. Warga juga diminta selalu membawa air minum untuk menghindari de­hidrasi. Lantas, bagaimana suhu tinggi dapat menyebabkan dehidrasi parah yang mematikan?

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia 6 Manfaat Vitamin K untuk Tubuh

Pakar Fisiologi yang juga anggota Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dokter Ermita Ilyas mengungkap­kan, udara yang sangat panas akan membuat kelembaban tubuh menjadi rendah. Cairan dalam tubuh pun menguap dan mengeluarkan panas. Sementara itu, cuaca sangat pa­nas akan membuat kelembaban suhu udara menjadi tinggi.

“Kelembaban tinggi, udara penuh air. Jadi enggak men­guap cairan di tubuh kita. Malah jadi cairan yang menetes, yaitu keringat. Banyak keluar cairan, jadi dehidrasi. Mak­in panas, makin banyak keringat,” terang Ermita, Jumat (29/5/2015).

BACA JUGA :  Penurun Tekanan Darah Tinggi dengan 5 Makanan Alami Bernutrisi Ini!

Dehidrasi ringan ditandai dengan rasa haus, mulut ker­ing, dan tubuh lemas. Pada tingkat yang cukup parah, dapat menyebabkan penderitanya pingsan dan suhu tubuh tinggi. Kekurangan cairan pun tak hanya terjadi pada tubuh, tetapi juga pada otak. “Kalau dehidrasi berat bahkan bisa mengi­gau, enggak sadar kan diri karena otak kurang cairan hingga kematian itu,” jelasnya.

Untuk itu, hindari tubuh kekurangan cairan dengan cukup minum air, apalagi ketika cuaca begitu panas. Dehid­rasi ringan dapat diatasi dengan pemberian minum. Sedan­gkan pada kasus berat, pasien akan diberi cairan melalui infus.(*)

============================================================
============================================================
============================================================