Untitled-11BOGOR TODAY – Demi mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dis­dukcapil) Kota Bogor, akan menyebar perekaman E-KTP ke seluruh Keca­matan di Kota Bogor. Selain penyeba­ran perekaman E-KTP ke Kecamatan, Disdukcapil juga akan meluncurkan mobil keliling untuk memudahkan pelayanan pembuatan E-KTP bagi war­ga bogor.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Dody Achdiat mengatakan, program ini dilakukan pihaknya untuk men­jawab terhadap kebutuhan masyara­kat. Selain itu untuk mendekatkan pelayanan Disdukcapil ke masyarakat. “Kami mengawali dari perekaman E-KTP, kami akan mendroping alat ke semua Kecamatan. Setiap Kecamatan mendapatkan dua set alat, untuk per­ekaman E-KTP,” tandasnya.

Baca Juga :  Cek SPAM Palasari Milik Perumda Tirta Pakuan, Anggota DPR RI Nilai Sudah Bagus

Selain itu, Dody juga mengatakan, pihaknya bakal menggeber program mobil keliling. Tepatnya pada bulan Juni atau Juli pengadaannya. “Nanti mekanismenya berkoordinasi dengan kelurahan. Untuk Kota Bogor, pen­duduknya punya khas, banyak warga mayasarakat yang bekerja di Jakarta. Untuk hari biasa mereka sulit untuk mengurus, maka dari itu kami men­jemput pembuatan E-KTP mereka den­gan mobil itu,” bebernya.

Untuk satu unit mobil, ada satu regu petugas yang disiapkan dan ada dua perangkat perekaman. “Mini­mal petugas ada empat, dari petugas catatan sipil dua, perekaman dua dan driver satu. Semua petugas merupakan PNS tetapi apabila kurang akan diambil dari outsourcing,” ungkapnya.

Baca Juga :  Momen Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Terjebak Kemacetan, Hingga Menggunakan Helm Terbalik

Dody menambahkan, walaupun perekaman di Kecamatan, pelaporan datanya tetap di Disdukcapil. Karena Disdukcapil yang mencetak E-KTPnya. “Itu demi kemudahan masyarakat. Jadi untuk perekaman saja tidak jauh-jauh ke kantor Disdukcapil,” ujarnya.

Dody juga menegaskan, pro­gram itu untuk orang yang jompo dan sakit yang tidak bisa mengurus berkasnya ke kantor kami. “Jajaran kami akan melakukan jemput bola. Pengurusan ini gratis, tidak dipungut biaya,” tegasnya.

(Rizky Dewantara)