Untitled-10PENDIDIKAN adalah salah satu kunci bangsa, baik secara moral maupun materil. Arah pendidikan turut menentukan kemajuan dan kehidupan bangsa. Itulah sebabnya, lulu­san yang berkarakter harus diciptakan untuk menjawab tantangan zaman.

Oleh : RIFKY SETIADI
[email protected]

Sejalan dengan visinya, Daarul Uluum Kota Bogor berusaha kon­sisten menjadi lembaga pendidikan Islam terpadu yang unggul, sehat, berdisiplin dan berwawasan global. Kehadiran Pondok Pesantren Modernyang beralamat di Jl. Durian Raya No. 76/219, Ban­tarkemang, Bogor ini semakin diterima oleh masyarakat melalui program pendidikan TPA, MTs Terpadu, MA Terpadu dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI).

Lembaga pendidikan yang dirintis oleh ulama besar KH. Elon Syujai ini terus berkem­bang dengan berbagai program unggulan seperti penguasaan bahasa Arab, bahasa Inggris, kitab kuning, tahfidz Qur’an yang dibarengi kesadaran global melalui penguasaan teknologi informasi dan komputer. “Harus disadari bahwa ilmu adalah sebuah tanggungjawab, kebodohan itu bukan sebuah kelemahan, tetapi tanggung jawab kita semua untuk melahirkan generasi yang berilmu dan berakhlak, sehinggan pendidikan tidak hanya berhenti dalam selembar ijazah,” ungkap KH. Aep Saefudin, Dewan Pengasuh Pon­dok Pesantren Daarul Uluum.

Sebab itulah, Daarul Uluum Bogor berupaya mengarahkan misinya untuk mencetak lulusan yang senantiasa is­tiqamah menjalankan ajaran Islam dan menjunjung tinggi al-akhlaq al-karimah. “Proses pendidikan yang dilakukan adalah dengan memberi mereka kesadaran terhadap keberagaman, mereka mendapat bekal penguatan karakter, berjiwa pemimpin dan diharapkan men­jadi penjaga nilai-nilai Islam di tengah masyarakat,” tambah Iqbal Harafa, S.Ag, Direktur Kampus 1 Daarul Uluum Bogor. Ia menegaskan, Daarul Uluum Bogor berupaya mencetak lulusan yang cerdas, kreatif, man­diri, bertanggungjawab dan berkesadaran sosial tinggi. “Jika sudah dibekali dasar, kita berikan keleluasaan kepada mereka untuk mengabdikan keilmuannya,” te­gas Iqbal. Karakter itulah yang diharapkan mampu menjawab tantangan zaman denganmenguasai dasar-dasar pengembangan sains dan teknologi sehingga bisa mengikuti perkembangan dunia yang cepat.

Hingga kini, Pesantren Modern Daarul Uluum Bogor siap melepas lulusan Angkatan 27 yang diwisuda pada Minggu (14/06/2015) di kampus tersebut. Acara Wisuda dan Penglepasan Santri Kelas Akhir ini dihadiri oleh para alumni, wali santri, dan aggota DUC (Daarul Uluum Community). Mereka yang diwisuda itu, diandalkan menjadi generasi Islami yang mampu menerapkan nilai-nilai yang telah diberikan selama proses pembe­lajaran di kampus ini. “Daarul Uluum juga dicita-citakan menjadi pusat kegiatan pen­didikan dan pengkaderan Islam. Sebab itu, saya berharap agar para lulusan bisa men­jadi motor penggerak bagi upaya-upaya mengangkat harkat dan martabat hidup um­mat Islam di berbagai bidang, sesuai dengan peran dan kemampuan masing-masing,” tanggap Hasbulloh, S.E., M.A.Ek, Kepala Sekolah Daarul Uluum Bogor.

Hasbulloh menambahkan, melalui berbagaiproses pendidkan yang dilalui siswa dan siswi, pembentukan karakter generasi Islami ini dibekali dengan kurikulum pokok yang dipelajari seperti tafsir, ulum Al-Qur’an, tajwid, hadist, ulum al-hadist hingga al-khath al-Arabi dan teknologi informasi, Sementara berbagaiekstrakurikuler ikut mendukung proses pembelajaran mulai dari kitab kuning, tahfiz Al-Qur’an, pidato 3 bahasa, latihan percakapan bahasa Arab dan bahasa Inggris, forum diskusi ilmiah, bimbingan menulis ilmiah, training leadership hingga bela diri, scienceclub, teknologi komputer, marawis, qasidah, nasyid, hu­droh, teater, club olahraga, pramuka, drumband, gamelan hingga peer counseler. Tak heran bila para lu­lusan juga diharapkan menjadi kunci pembu­ka kemajuan bangsa yang berkarakter ung­gul, cerdas, islami dan mampu menjawab tantangan zaman.