148_1014_motegi_motogp_image_012_0

MUGELLO, Today - Vice Presi­dent Departemen Balap Honda (HRC), Shuhei Nakamoto men­gaku pebalap Repsol Honda, Marc Marquez punya banyak keluhan soal RC213V miliknya hingga kerap mengalami nasib buruk di enam seri pertama Mo­toGP musim ini.

Saat ini Marquez baru men­gumpulkan dua podium, yakni kemenangan di Austin dan finis kedua di Jerez. Ia juga hanya berada di peringkat kelima pada klasemen pebalap den­gan 69 poin, tertinggal 49 poin dari Valentino Rossiyang ada di puncak.

“Hasil tahun ini di luar dugaan. Marc tak senang soal beberapa hal, yakni motor, setup dan mesin. Ia mengeluhkan ter­lalu banyak power. Tapi ini ma­salah yang bisa kami atasi. Kalau ia mengeluhkan kurangnya pow­er, malah lebih runyam!” ujar Na­kamoto kepada Tutto Motori.

Meski begitu, Nakamoto ogah menjelaskan lebih detail soal masalah Marquez. “Ada be­gitu banyak alasan mengapa se­jauh ini kami baru meraih satu kemenangan. Tapi kami punya banyak data soal area mana yang harus kami benahi. Meski be­gitu, saya tak akan bicara detail!” pungkasnya.

Baca Juga :  Atlet Kabupaten Bogor Kembali Sumbang 29 Medali Emas di PON XX Papua

Sementar itu, Pilar Repsol Honda, Marc Marquez, yang gagal memberikan penampi­lan memuaskan kala berlaga di Grand Prix (GP) Italia, akhir pe­kan lalu.

Dirinya berjanji segera mem­perbaiki diri dan kembali berada dalam trek kemenangan, seperti yang ditunjukkan musim lalu.

GP Italia berakhir ironis un­tuk Marquez. Sempat menampil­kan performa menawan pada lap-lap awal, pembalap 22 tahun itu seperti kehilangan kendali atas motornya sehingga terjatuh dan mengakhiri balapan secara prematur.

“Saya ingin berterima kasih pada tim dan semua orang di Honda atas pekerjaan luar biasa yang sudah mereka lakukan. Kami akan segera mengemba­likan situasi. Saya akan kembali berjuang untuk berada di tempat utama di atas podium,” kata Mar­quez, seperti yang dimuat situs resmi MotoGP, Rabu (3/6/2015).

Baca Juga :  Simona Halep Bertekuk Lutut Dibawah Kaki Aliaksandra Sasnovich Dalam Debut Indian Wells

Juara dunia dua kali itu men­gungkapkan tim sudah memper­siapkan segalanya dengan baik sebelum perlombaan. Saat babak kualifikasi satu hari sebelum per­lombaan, ia merasa ada bebera­pa hal yang tidak beres. Namun semuanya sudah diatasi dengan baik oleh tim Honda.

“Tim sudah merencanakan beberapa hal yang luar biasa. Awalnya semua berjalan sesuai rencana, kecuali setelah saya membuat kesalahan. Betapa memalukan!” ungkap pembal­ap asal Spanyol itu.

Meski demikian, kejadian di Mugello telah memberikan Marquez banyak hal untuk dipe­lajari. Ia berharap bisa mempe­lajari semua itu demi memberi­kan penampilan yang jauh lebih baik hingga mampu kembali membawanya ke atas podium.

(Imam/net)