timnasindonesi

JAKARTA, Today – Badan tertinggi sepak bola dunia, FIFA, secara resmi menjatuhkan sanksi kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Tindakan tersebut diambil karena adanya campur tangan pemerintah, yang berimbas kepada timnas.

Dengan hukuman tersebut, yang akan segera berlaku, berarti Indone­sia tidak akan memenuhi syarat untuk bersaing dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019, yang mulai bergulir 11 Juni.

Akan tetapi, FIFA mengizinkan tim nasional Indonesia U-23 tampil di SEA Games Singapura karena event dua ta­hunan tersebut sudah dimulai.

FIFA mengambil tindakan terhadap Indonesia menyusul pertikaian antara pemerintah dan PSSI, yang berujung pembekuan terhadap organisasi terse­but (PSSI). Akibatnya, kompetisi do­mestik yang sudah sempat bergulir dinyatakan tidak ada karena menurut PSSI terjadi force majeure.

“Eksekutif memutuskan untuk menjatuhkan skors kepada PSSI yang segera diberlakukan dan sampai PSSI mampu memenuhi kewajiban ber­dasarkan artikel 13 dan 17 Statuta FIFA,” demikian pernyataan FIFA, Sabtu (30/5/2015) lalu melalui Sekjen FIFA Jerome Valcke.

Keputusan ini diambil sebagai aki­bat dari pengambilalihan aktivitas PSSI oleh pemerintah Indonesia. Akan tetapi, karena hal yang luar biasa, tim nasional diizinkan melanjutkan parti­sipasinya saat ini di SEA Games 2015.

Sesuai jadwal, timnas Indonesia akan menghadapi Taiwan pada 11 Juni sebelum bertemu Irak lima hari kemu­dian dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona Asia.

(Imam/net)