Untitled-16Indosat menyatakan kes­iapan jaringannya dalam mengantisipasi lonjakan trafik yang cenderung me­ningkat pada momen Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Selain melakukan moderinisasi jarin­gan dan menambah kapasitas layanan, operator yang identik dengan warna kuning ini juga akan nemanfaatkan fasilitas baru, yakni Indoasat Network Operation Center (i-NOC) serta Command Center.

Division Head Backbone Transmission Indosat, Eddy Rizal, mengatakan kapasitas jar­ingan Indosat telah ditingkatkan menjadi 39 juta erlang per hari untuk layanan suara atau voice, 1,28 miliar SMS per hari, dab 2.081 terabyte per hari untuk layanan data.

“Kami siap menghadapi 2-3 kali lipat lonjakan layanan. Kapasitas ini disiapkan untuk 66,5 juta pelanggan Indosat yang didukung 40.756 unit BTS,” ung­kap Eddy di sela kegiatan Buka Puasa Bersama awak Media se- Jabodetabek, Senin (29/6/2015).

Baca Juga :  Mendulang Rupiah Dari Produksi Kerupuk Asmin

Eddy menambahkan, Indosat juga telah meresmikan fasilitas baru dari Indosat Network Op­eration Center (i-NOC), sebagai pusat pemantauan performansi jaringan Indosat secara nasional.

i-NOC adalah fasilitas moni­toring dan pengendalian jarin­gan infrastruktur Indosat baik untuk layanan Cellular (Mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI), indosat Business, termasuk yang dise­diakan oleh anak perusahaan In­dosat seperti Lintasarta dan IM2.

“Nanti jika ada gangguan alarm akan berbunyi. Diidenti­fikasi dulu secara software, lalu tim di lapangan akan langsung action memperbaiki. Begitupun jik ada keluhan dari pelanggan yang di daerah tertentu men­galami gangguan. Pokoknya kita tangani secepat mungkin,” jelas­nya.

i-NOC ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas baru yang ter­diri dari ruang bangunan utama untuk memonitor jaringan yang dilengkapi 24 buah video wall display untuk dashboard moni­toring guna membantu se­cara visual memonitor ser­vice (SoC) dan trends per­formance jaringan. Hasil pemantauan dari fasilitas ini akan melengkapi informasi bagi para engineer dan tekni­si jaringan dari tiap fungsi seperti fungsi Core, Radio, Transmisi Backbone dan Ac­cess Network.

Baca Juga :  LBH Konsumen Jakarta Dukung Menteri BUMN Gratiskan Toilet SPBU Seluruh Indonesia

i-NOC juga dilengkapi den­gan ruang pendukung Com­mand Center (war room) un­tuk koordinasi cepat tanggap yang dilengkapi perangkat Audio-video (teleconference) dan kemampuan access ke semua jaringan indosat. Ter­dapat pula area lain yang diperutukkan untuk team pendukung, engineers/tekni­si helpdesk & TAC (Technical Assistence Center/Expert) dan Provisioning jaringan dari tiap bagian fungsi (Cel­lular & Enterprise Corpo­rate), serta dilengkapi ruang area khusus breakpoint.

(Apriyadi Hidayat)