Englands-Raheem-Sterling--009TIM Nasional (Timnas) Inggris hanya mampumeraih hasil imbang tanpa gol di laga persahabatan melawan RepublikIrlandia, Minggu (7/6/2015) di Aviva Stadium

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Timnas Inggris mendapatkan modal bu­ruk menjelang lanjutan babak kualifi­kasi Piala Eropa (Euro) 2016 ketika di­tahan Republik Irlandia 0-0 dalam laga persahabatan di Stadion Aviva, Dublin, pada Minggu (7/6/2015).

Meski bermain imbang tanpa gol, setida­knya pertandingan ini sebagai ajang pemanasan untuk menghadapi Kualifikasi Piala Eropa 2016. Secara keseluruhan, pertandingan berjalan agak monoton.

Sejumlah peluang yang diciptakan Inggris masih gagal dikonversikan menjadi gol. Statis­tik pertandingan mencatat, The Three Lions mampu melepaskan 14 tendangan dengan tiga di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan, dari segi penguasaan bola, Inggris menguasai bola sebesar 63 persen berbanding 37 persen.

Di babak kedua, pelatih Inggris, Roy Hodg­son melakukan pergantian pemain. Salah satu­nya, memasukkan Ross Brakley menggantikan Jack Wilshere. Brakley membuat pola permain­an Inggris hidup. Sampai peluit panjang dibun­yikan, tidak ada gol tercipta.

Setelah menghadapi Republik Irlandia, In­ggris dijadwalkan bakal bertemu Slovenia di Kualifikasi Piala Eropa pada 14 Juni 2015 pekan depan. Dari rekor pertemuan terakhir, skor ket­at selalu tercipta dalam duel Irlandia vs Inggris. Irlandia sekali memetik kemenangan 1-0. Dan empat partai sisa berujung dengan hasil 1-1.

Di Kualifikasi Piala Dunia, Inggris masih memimpin klasemen grup E dengan mengan­tongi 15 poin. Tim Tiga Singa masih sempurna denngan memetik 5 kemenangan tanpa hasil imbang dan kekalahan.

Menempatkan striker Manchester United sekaligus kapten tim Wayne Rooney sebagai ujung tombak, skuat berjuluk Three Lions gagal menembus gawang tuan rumah yang dikawal oleh kiper Keiran Westwood.

Dalam pertandingan yang dipimpin wasit Arnold Hunter dari Irlandia Utara itu, kedua tim relatif berimbang dalam penguasaan bola, Ing­gris 51 persen dan Republik Irlandia 49 persen.

Hasil imbang ini mengindikasikan pela­tih Roy Hodgson perlu membenahi lini depan asuhannya agar tidak mengulangi hasil nihil gol ketika bertandang ke Slovenia dalam lanju­tan pertandingan Grup E kualifikasi Euro 2016 yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (14/6/2015) mulai pk. 23:00 WIB.

Inggris untuk sementara memimpin klase­men Grup E dengan nilai sempurna 15 hasil dari lima kemenangan, sedangkan calon lawannya, Slovenia, menempati peringkat kedua dengan koleksi nilai sembilan.

Sementara itu Republik Irlandia akan men­jamu Skotlandia pada Sabtu (13/6/2015) mulai pukul 23:00 WIB dalam lanjutan pertandingan Grup D. Dengan nilai delapan, Republik Irlandia saat ini hanya berada di posisi keempat klase­men sementara Grup D di bawah Polandia (11), Jerman (10), dan Skotlandia (10).