Ilustrasi-HikmahKUMAIL r.a. bercerita, “Pada suatu hari saya berjalan-jalan ber­sama Ali, r.a. ke arah.hutan. Dia mendekati tanah pekuburan yang terdapat di situ sambil berkata, ‘Wahai ahli kubur! Wahai kamu yang menghuni tempat yang sunyi ini! Bagaimanakah keadaan kamu di alam sana?’ Setahu kami segala harta peninggalanmu telah habis dibagi-bagikan, anak-anakmu telah menjadi yatim, dan janda-janda yang kamu tinggalkan telah me­nikah lagi. Sekarang ceritakanlah sedikit mengenai dirimu.”

Kemudian sambil menoleh ke arah saya dia berkata, ‘Wahai Kumail! Seandainya mereka dapat bicara, sudah tentu mereka akan mengatakan bahwa sebaik-baik bekal adalah takwa.’ Setelah ber­kata demikian, dia menangis. Ka­tanya lagi, ‘Wahai Kumail, kubur adalah kotak tempat menyimpan amal. Dan hal ini akan diketahui setelah kematian menjemput kita.’”

Hikmah: Amal perbuatan manusia yang baik atau pun yang buruk akan tersimpan di alam kubur, sebagaimana terpelihara dalam suatu kotak. Kisah sep­erti ini telah banyak diriwayatkan dalam beberapa hadits, bahwa amal kebaikan akan menyerupai seorang manusia yang berwajah tampan. Ia akan menemani si mayit itu untuk menghibur dan menyenangkan hatinya. Sedang­kan perbuatan buruk akan datang berupa manusia yang berwajah buruk dan berbau busuk sehingga menambah kesengsaraannya.

BACA JUGA :  SAHUR OF THE ROAD RAWAN DENGAN TAWURAN PELAJAR

Nabi saw. bersabda, “Tiga hal yang mengikuti seseorang ke kuburnya; harta bendanya, kaum kerabatnya, dari amal perbuatan­nya. Harta dan kerabatnya akan kembali setelah upacara pengu­buran, yang tetap tinggal bersa­manya hanyalah amal perbuatan­nya saja.”

Pada suatu hari Rasulullah saw. bertanya kepada para sahabat, “Tahukah kamu tentang permisalan hubunganmu dengan saudaramu, kekayaanmu, dan amal perbuatanmu?” Para sahabat pun semuanya ingin mendengar penjelasan beliau.

Kemudian Rasulullah saw. bersabda, “Hubunganmu dengan semua itu seperti seorang manusia dengan tiga orang saudaranya. Ketika orang itu hampir mendeka­ti wafatnya, ia pun memanggil saudaranya yang pertama lalu berkata, ‘Saudaraku, engkau tahu akan keadaanku bukan? Apakah pertolongan yang dapat engkau berikan kepadaku?’ Saudaranya menjawab, ‘Aku akan merawatmu dan akan mengobatimu, serta melayanimu sepenuhnya. Jika engkau meninggal aku akan memandikanmu, mengafanimu serta mengusung jenazahmu ke kuburan. Setelah penguburan aku akan berdoa kebaikan untukmu.’”

BACA JUGA :  SAHUR OF THE ROAD RAWAN DENGAN TAWURAN PELAJAR

Rasulullah saw. bersabda, “Saudaranya yang pertama ini adalah kaum kerabatnya. Saudaranya yang kedua ketika diberi pertanyaan yang sama, ia menjawab, ‘Aku akan bersama-sama denganmu selama engkau masih hidup, apabila engkau telah meninggal aku akan pergi ke tempat lain.’ Saudaranya yang kedua ini adalah harta kekayaan­nya. Ketika pertanyaan yang sama dikemukakan kepada saudaranya yang ketiga, ia menjawab, ‘Aku akan menemanimu walaupun kamu sudah berada di alam kubur, menjadi penghibur hatimu di tem­pat yang penuh ketakutan. Ketika dmal perbuatanmu ditimbang, aku akan duduk di timbangan amal kebaikan dan memberatkan­nya.’ Saudaranya yang terakhir ini adalah amal shalih yang telah di­lakukannya.” Rasulullah saw. ber­sabda, “Sekarang, saudara yang mana yang menjadi pilihanmu?”

Jawab para sahabat, “Ya Rasulullah, tidak diragukan lagi, saudaranya yang terakhir itulah yang menjadi harapan kami, karena saudara yang pertama dan yang kedua tidak begitu berguna.”

(Muntakhab Kanzul Ummal)

============================================================
============================================================
============================================================