HL---All-New-BMW-X6-(8)All New BMW X6 xDrive35i menjadi masterpiece Seri X BMW dengan kemewahan dan keunggulan Sport Activity Coupe. Kehadirannya melambangkan kelincahan sekaligus aura premium kendaraan perkotaan yang siap diajak bepergian jauh.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Dari desainnya, dise­butkan bahwa ken­daraan ini punya proporsi dinamis dengan lekukan eksterior yang mengalir, mela­mbangkan kelincahan. Semen­tara guratan garis bodi kuat menunjukkan fleksibilitas dan kemampuan off road.

Soal kecantikan, BMW jag­onya. Panel krom tiga dimensi yang besar menyatu dengan de­sain lampu, melengkapi Adap­tive LED Headlights. Di bagian belakang, dua garis lampu LED tiga dimensi berbentuk L men­ciptakan tampilan mencolok, khususnya di malam hari.

Kelengkapan interior jauh melampaui model sebelumnya. Ambient lighting menekankan kesatuan visual antara panel instrumen dan panel-panel pintu. Tata cahaya LED di seke­liling garis interior serta di be­berapa area menghasilkan efek yang menarik. Pendaran ca­haya biru, putih, oranye dapat dipilih secara monokrom atau kombinasi dapat diatur melalui sistem iDrive.

Baca Juga :  Tips Mengemudi Ketika Hujan dan Angin Kencang Melanda

Pintu bagasi otomatis dan transmisi sport Steptronic de­lapan percepatan paddle shift pada lingkar kemudi, trim ku­lit, dan AC empat zona men­jadi fitur standar. Fleksibilitas interior ditingkatkan dengan sandaran kursi belakang yang dapat dilipat 40:20:40, me­mungkinkan kapasitas bagasi ditingkatkan dari 580 liter hingga 1.525 liter.

Mobil ini menggendong mesin bensin 3.000 cc enam silinder segaris BMW TwinPow­er Turbo dengan twin-scroll tur­bocharger menghasilkan daya 306 tk. Melaju dari diam ke 100 kpj ditempuh dalam 6,4 detik, kecepatan puncak 240 kpj.

Bekerja dengan transmisi sport Steptronic delapan per­cepatan, klaim konsumsi bahan bakar rata-rata (per siklus tes Uni Eropa) hanya 11,8 kpl. Sis­tem all wheel drive cerdas akan aktif secara permanen pada BMW xDrive untuk mengopti­malkan traksi, stabilitas, dan pengendalian saat menikung.

Baca Juga :  Tips Mengemudi Ketika Hujan dan Angin Kencang Melanda

Selain pengaturan Comfort, Sport, dan Sport +, saklar Driv­ing Experience Control pada konsol tengah juga memung­kinkan pengemudi untuk men­gaktifkan mode Eco Pro. Dalam mode ini, output mesin, respon akselerator, dan karakteris­tik transmisi secara sistematis disesuaikan untuk mendukung gaya mengemudi yang hemat bahan bakar dan rendah rpm.

All new BMW X6 dilengkapi BMW Head Up Display yang menampilkan informasi dalam tampilan layar widescreen full colour, kini meliputi konten lebih beragam. Bila diperlu­kan, daftar kontak telepon dan informasi hiburan juga dapat ditayangkan di hadapan penge­mudi. Grafis 3D menunjukkan kecepatan kendaraan maupun pesan-pesan Check Control, informasi navigasi, termasuk rekomendasi lajur serta infor­masi lainnya disediakan oleh sistem bantuan pengemudi. (*)