Untitled-3PT Astra International Tbk terus menggulirkan berbagai program tang­gung jawab sosial peru­sahaan (CSR) yang dirangkum dalam Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indone­sia) melalui sembilan yayasan yang berada di bawah naungan mereka.

Hal itu kata Presiden Direktur PT Astra International, Prijono Sugiarto, menjadi bagian dari langkah nyata grup Astra untuk berperan aktif memberikan kon­tribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indone­sia.

“Bagi Astra, kegiatan bisnis tidak terlepas dari lingkungan dan masyarakat sekitar. kami meyakini bahwa perusahaan ti­dak hanya harus menguntung­kan, tetapi juga harus berkelan­jutan,” kata Prijono, belum lama ini.

Selama lebih dari 40 tahun, lanjut Prijono, Astra telah men­jalankan kegiatan CSR bersama sembilan yayasannya, yang di­canangkan melalui empat pilar utama yakni pendidikan, ling­kungan, usaha kecil dan menen­gah (UKM) serta kesehatan.

Baca Juga :  Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Kembali Raih Tiga Penghargaan Emas dalam ISDA 2021 Sekaligus

Kesembilan yayasan tersebut adalah Yayasan Toyota & Astra, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Astra Bina Ilmu, Yayas­an Astra Honda Motor, Yayasan Amaliah Astra, Yayasan Karya Bakti United Tractors, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, Yayasan Astra Agro Le­stari dan Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara.

Grup Astra mencatat hingga 2014, di bidang pendidikan mer­eka telah menjalan CSR dengan menyalurkan 159.245 paket bea­siswa, membina 13.262 sekola dan membina 28.199 tenaga pen­gajar.

Sementara di bidang ling­kungan Astra hingga 2014 telah menanam sedikitnya 3.333.456 batang pohon dan membudi­dayakan 805.346 tanaman man­grove.

Kemudian pada bidang kese­hatan, Astra hingga 2014 melalui keberadaan mobil kesehatan Astra (MOKESA) telah melay­ani sedikitnya 94.296 orang pasien, membina 915 unit Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan mengumpulkan 126.452 kantong da­rah dalam berbagai rangka­ian donor darah.

Baca Juga :  Hotel Grand Savero Bogor Sediakan Promo Paket Akad Nikah Murah Hanya Rp 5 Juta

Selain itu dalam pilar keempat yang menyasar pada pemberdayaan ekono­mi masyarakat, tidak kurang dari 8.646 UKM telah men­dapatkan pembinaan dari Astra hingga 2014 yang diperkirakan mampu meny­erap tenaga kerja sebanyak 57.837 orang.

Kepala Komunikasi, Tanggung Jawab Sosial dan Keamanan Perusahaan PT Astra International, Pongki Pamungkas, menuturkan bahwa berbagai aktivitas so­sial yang terpayung dalam SATU Indonesia ini men­jadi perwujudan nyata atas filosofi Catur Dharma Astra, yakni “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”.

“Astra dengan filosofinya memang ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat un­tuk bangsa dan negara.

“Sebab untuk bisa baha­gia dunia dan akhirat selain beribadah kita harus be­ramal saleh, makanya As­tra ingin bermanfaat buat masyarakat,” pungkas Pong­ki sembari melempar kela­kar.

(ANT/Apri)