Untitled-12BOGOR, TODAY – Dokter Edy Rizal Wahyudi, dari Divisi Geri­atri Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mem­berikan tips lancar untuk men­jalani puasa secara umum dan untuk segala usia.

Rizal mengatakan, saat sa­hur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya kedua asupan tersebut mem­buat metabolisme berjalan cepat, sehingga cepat menda­tangkan rasa haus meski tak berdehidrasi.

Lanjut Rizal, sangat dianjur­kan untuk mengkonsumsi ma­kanan yang lamban dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Con­tohnya, gandum, kacang-kacan­gan, biji-bjian dan nasi merah.

Sementara itu, saat ber­buka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma karena mengandung gula, serat, karbo­hidrat, kalium dan magnesium.

Baca Juga :  Polisi Ringkus Belasan Tersangka Kasus Home Industri Tembakau Gorila

Dimana lewat buah kurma ini, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perla­han dapat dipenuhi.

Rizal juga menambahkan, mengkonsumsi pisang saat ber­buka sangat baik bagi tubuh. Sebab pisang merupakan sum­ber kalium, magnesium dan karbohidrat.

Dirinya juga mengatakan, untuk membatasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh.

Hal ini karena seseorang yang sudah berusia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang yang disebabkan lemak, seperti jantung, jantung­koroner dan hipertensi.

Baca Juga :  Sebuah Bus AKAP Tabrak Kontainer, Dua Orang Tewas

Rizal kembali mengingat­kan, untuk mengkonsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyedia­kan kebutuhan cairan dalam tubuh agar memperlancar ak­tivitas esok harinya.

Dan yang terakhir dokter Rizal menegaskan untuk meng­hindari terlalu banyak makanan atau minuman es, karena me­mudahkan untuk kenyang.

Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menu­run karena tidak bisa masuk kedalam tubuh. “Selamat men­jalankan ibadah ramadan, un­tuk yang menjalankannya,” kata Rizal.

(Rizky Dewantara)