_MG_7911MESKI dalam kesederhanaan, semangat menggapai keberhasilan diperlihatkan para siswa dan siswi lulusan SMP Kosgoro Bogor yang menggelar acara penglepasan siswa dan siswi tahun pelajaran 2014/2015.

Oleh : RIFKY SETIADI
[email protected]

Paturay patepang tineung, memiliki makna berpisah dan bertemu kem­bali dalam rasa rindu dan kasih say­ang. Kata ini menjadi penuh makna yang mendalam dalam acara Penglepasan Siswa dan Siswi SMP Kosgoro Bogor di Aula Kosgoro, Jl Raya Pajajaran No. 217 A Bogor pada Sabtu (06/06/2015) lalu. Aca­ra sederhana ini berjalan penuh makna dalam kebersamaan dan kehangatansebagai keluarga besar di lingkungan pendidikan Kosgoro.

Acara turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bo­gor, H. Edgar Suratman, SE. MM, Ketua Yayasan Dharma Setia Kos­goro, H. Iwan Ruswandi, orang­tua murid dan para kepala sekolah serta pendidik di lingkungan Kos­goro beserta para staf sekolah dan tamu undangan. Kepala Sekolah SMP Kosgoro Bogor, Drs. Abdul­lah, M.M mengungkapkan acara ini lebih menekankan makna agar anak didiknya siap melangkah ke masa depan dengan melanjutkan pendi­dikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Kami kembalikan anak-anak ke orangtuanya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Tahap dan proses pendidikan yang sudah kami berikan diharapkan menjadi bekal bagi mereka untuk menemukan identitas, bakat dan ke­mampuan mereka,” ujarnya. Menurutnya, acara perpisahan sekolah cukup dilakukan secara seder­hana saja, tetapi harus penuh makna dan bisa dinik­mati seluruh siswa, orangtua dan juga para guru.

Perpisahan sekolah juga menjadi hal yang is­timewa karena semua keluarga berkumpul untuk merayakan satu kemenangan. Perpisahan yang ter­jadi dengan tujuan agar kita bisa meraih pendidi­kan yang lebih baik dan lebih tinggi lagi. Semuanya demi masa depan yang lebih baik. “Perasaan yang dirasakan pastinya bercampur aduk. Ada rasa sedih, senang dan sebagainya. Tapi ini semuanya pasti membawa makna sendiribagi kami agar lebih maju,” ungkap Devi Fatimah Oktaviani, siswi lulusan 9B yang terpilih menjadi Ratu SMP Kosgoro tahun ini. Gadis cantik kelahiran Bogor, 26 Oktober 1999 ini didaulat sebagai Ratu atau Siswi Terbaik dan menjadi Juara 1 di bidang akademik dengan perolehan nilai 1090. Putri dari Dede Jamhur dan Enah Sutinah ini juga memperoleh penghar­gaan sebagaisiswi berprestasi di bidang pramuka. “Begitu banyak nilai dan pengalaman yang aku dapatkan di sekolah ini,” ujar Devi.

Baca Juga :  Kabupaten Bogor Darurat Kepala Sekolah, Kadisdik : Faktor Purna Bakti

Berbagai moment dan kenangan indah men­jadi kesan yang tak terlupakan bagi para siswa dan siswi. Keharuan saat bersalaman dengan guru, melepaskan sepasang burung dan persembahan guru-guru tersayang yang bernyanyi ber­sama dan puisi yang dibawakan oleh Kepala Sekolah SMP Kosgoro Bogor, menjadikan suasa­na semakin haru dan penuh kebersamaan. “Ini moment yang sangat berarti dan membuat kita semua merasa saling menyayangi,” ujar Alya Dewi Fatimah. Putri dari pasangan Slamet Riyadi dan R. Mia Rusmiati kelahiran Bogor, 21 Oktober 2000 ini merupakan siswi lulusan 9D yang memperoleh penghargaan sebagai siswi berprestasi di bidang marching band sebagaipemegang alat senar drum. “Banyak banget ke­san dan kebersamaan yang tidak bisa dilupakan di sekolah ini. SMP Kosgoro adalah sekolah yang paling indah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Walikota Bogor Bima Arya Sidak SMP Bintang Pelajar Islamic Boarding School

Meski begitu, perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya tapi merupakan proses untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Tekad menjadi lebih baik diutarakan Azriel Fathan Nabhani, siswa kelahi­ran Bogor, 10 Januari 2001 yang meru­pakan lulusan dari kelas 9C. “Insya Allah, saya ingin meraih prestasi yang lebih baik. SMP Kosgoro sudah mem­beri motivasi bagi saya untuk meraih cita-cita yang terbaik,” ujar putra dari Saepul Yamin dan Ila Romiana ini. Azriel terpilih sebagai Siswa Terbaik SMP Kosgoro dan di­daulat sebagai Raja tahun ini. Ia juga memperoleh penghargaan sebagaisiswa berprestasi di bi­dang pramuka dan di bidang marching band. Ia juga menjadi siswa Juara 1 Terbaik di bidang akademik dengan nilai 1090.

Tekad yang sama diucap­kan Muhammad Al Rizal Za­elani. Siswa kelahiran Bogor, 29 Januari 2000 ini mendapat penghargaan sebagai siswa ter­baik di bidang marching band. Putra dari Ujang Supriatna dan Bartika ini sangat bersyukur dan berterimakasih atas ilmu dan pendidikan yang telah diberikan SMP Kosgoro. “Jika saya sudah berhasil, mudah-mudahan saya tidak akan pernah lupa pada sekolah ini. Ban­yak ilmu dan pelajaran bermanfaat buat masa depan saya,” ujar lulu­san kelas 9A ini. Langkah kecil ini, menjadi seman­gat besar bagi siswa dan siswi SMP Kosgoro Bogor dalam meraih mimpi dan cita-cita besar sebagai generasi bangsa berkuali­tas dan bermartabat.