Untitled-5Sejak masih berusia sangat muda, Anda perlu mendidik anak-anak agar mampu tumbuh menjadi pribadi mandiri. Salah satu caranya adalah membiarkan mereka memiliki kamarnya sendiri yang terpisah dari kamar Anda.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Namun, jika ruang di rumah Anda ter­batas, Anda dapat menempatkan anak-anak dalam satu kamar. Jangan khawatir, ada cara-cara untuk menghemat ruang meskipun harus menggabungkan dua anak Anda dalam satu kamar.

Sebelum mendekorasi kamar kedua anak Anda, beri­kut ini beberapa hal mendasar ketika menyatukan anak-anak Anda dalam satu ruangan kamar. Meskipun akan men­emui hambatan atau masalah kecil dalam prosesnya, Anda tidak perlu berhenti:

Aman

Aturan pertama adalah me­mastikan kamar bagi kedua anak Anda tersebut aman, baik itu bagi anak kecil maupun yang masih bayi. Pasang baby monitor agar Anda dapat mengecek apa yang terjadi di kamar tersebut.

Selain itu, cek bahan main­an, dekorasi dan mainan gan­tung, pembatas tempat tidur bayi, serta pintu dan jendela. Jangan sampai anak-anak dapat membukanya dengan mudah atau terjepit ketika membuka jendela dan pintu.

Selain itu, Anda dapat me­masang kelambu untuk meng­hindari anak-anak Anda dari nyamuk atau serangga dan mengurangi penggunaan anti nyamuk dari bahan kimia.

Cerah dan ceria

Setelah memastikan kamar anak-anak Anda aman, buat­lah kamar yang cerah, ceria, dan menyenangkan. Berikan furnitur sesuai dengan ukuran tubuh anak Anda.

Selain itu, manjakan indera sentuhnya dengan memasang berbagai tekstur, seperti karpet bulu lembut, kursi berbahan tenun, danbedcover tebal.

Berbeda dari mendekor kamar untuk satu anak, mende­kor untuk dua anak atau lebih akan lebih rumit jika Anda in­gin memuaskan semua keingi­nan anak Anda. Berikut ini tips dan inspirasi untuk mendekor kamar bagi anak-anak Anda:

Serupa tapi tak sama

Anda bisa membiarkan pola simetris dengan sedikit de­tail berbeda. Jika kedua anak Anda memiliki jenis kelamin sama, Anda dapat mendekor kamarnya dengan gaya serupa tapi tak sama dengan mem­berikan nuansa warna, motif, dan ornamen yang sama atau saling melengkapi. Namun, berikan sedikit detail berbeda. Misalnya, berikan inisial nama mereka di bantal atau lukiskan nama mereka di dinding.

Membagi lemari

Bagilah lemari pakaian mereka menjadi dua. Setiap anak memiliki bagiannya mas­ing-masing. Suatu saat, kedua anak Anda dapat belajar ber­tanggung jawab atas pakaian mereka masing-masing.

Penyimpanan ekstra

Jangan lupa, pisahkan kamar dengan menempatkan tempat penyimpanan ekstra. Anda dapat menempatkan di­vider di antara tempat tidur anak-anak Anda. Pemisah ini memberikan privasi di antara anak-anak Anda, namun mere­ka tetap dapat saling berkomu­nikasi. Selain itu, mereka juga mendapatkan tempat peny­impanan ekstra untuk mainan dan barang-barang pribadi mereka.

Level berbeda

Ruang terbatas? Anda bisa memberikan level dan biarkan salah satu anak Anda tidur di bagian atas. Bunk bed atau tempat tidur susun dapat menghemat banyak tempat.

Selain itu, tanpa adanya sekat, anak Anda juga tetap da­pat mendapatkan privasi anta­ra satu dengan yang lainnya. Mereka memiliki area masing-masing dan mereka akan bela­jar bertanggung jawab terha­dap barang dan area mereka.

(KPS)

============================================================
============================================================
============================================================