DSC_1566

PERAYAAN ulang tahun yang tak biasa digelar oleh SMP Negeri 8 Bogor. Di usianya yang ke-35, sekolah ini mampu melahirkan berbagai inovasi keilmuan dan sekaligus berbagi kepedulian kepada sesama.

Oleh : GUNTUR EKO WICAKSONO, RIFKY SETIADI
[email protected]

Gelaran ulangtahun SMP Negeri 8 Bo­gor ke-35 berlang­sung pada Sabtu (30/05/2015) lalu di ling­kungan SMP Negeri8 Bogor, Jl. Ahmad Yani No.86, Bo­gor Utara. Bertema “Tingkat­kan Potensi dan Prestasi Guna Mewujudkan Generasi Cerdas, Modern dan Religi”, rangkaian acara berlangsung sejak Februari 2015 dengan berbagai acara lomba mulai dari bidang seni, sains, ba­hasa hingga keagamaan. “Rangkaian acara peringatan ulangtahun SMP Neg­eri 8 dirancang dengan berbagai keg­iatan bermanfaat, baik untuk sekolah maupun masyarakat sekitar. Ini seb­agai bentuk pengabdian sekolah dan dunia pendidikan,” ungkap Warsadi, S.Pd, Kepala Sekolah SMP Negeri8 Bogor.

Ia menegaskan, gelaran acara ini juga di­rancang dengan menampilkan berbagai potensi dan prestasi keluarga besar SMPN 8 Bogor. Warsadi juga berharap agar para siswa dan siswinya terlatih untuk berkompetisi secara ositif dengan para pelajar lain dan tercipta sebagai generasi yang cerdas, moderndan religius sesuai tema yang disodorkan dalam ulangtahun kali ini.

Potensi dan prestasi yang dihadirkan sekolah ini memang dijadikan tekad, agar setiap tahun sekolah ini mampu melahirkan inovasi dan kebaruan yang bisa dihadirkan bagi masyarakat. “Di setiap ulangtahun, kami bertekad agar ada sesuatu yang baru yang dapat kita luncurkan,” ungkap Warsadi. Tahun ini, SMP Negeri 8 Bogor dengan bangga mempersembahkan produk baru hasil inovasinya, yaitu “Susu Kefir SMPN 8 Bogor”. Susu yang dihasilkan dari proses fermentasi susu sapi murni ini dilaunching oleh sekolah ini seb­agai salah satu produk kebanggaan yang bisa diman­faatkan bagi masyarakat dan sudah teruji oleh Dinas Kesehatan. Produk ini menjadi pendukung kesehat­an yang cukup baik di usia pertumbuhan maupun bagi orang dewasa.

Panitia juga menggelar donor darah yang diikuti oleh masyarakat sekitar dan keluarga besar sekolah. Bahkan rang­kaian acara ini akan dilengkapi dengan kegiatan Bakti Sosial bagi kaum dhuafa dan jompo. “Rangkaian ini dimaksudkan agar para pelajar memahami dan mengerti arti berbagi, merasa bersyu­kur dan sekaligus menghadirkan kepedulian bagi sesama,” ungkap Sri Hartati, M.Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan SMP Negeri 8 Bogor yang juga Ketua Panitia.

Kreativitas, penampilan seru para siswa dan siswi serta gelaran bazar dihadirkan di sekolah tersebut. Unjuk aksi bakat juga tak ketinggalan mewarnai acara dengan menampilkan fashion show dari setiap ke­las. “Pentas seni siswa dan siswi ini diisi dengan kesenian dan bergantung kepada potensi masing-masing siswa. Ini merupakan upaya un­tuk pengembangan bakat dan melatih mereka untuk berani tampil dan percaya diri,” ujar Sri.

Berbagai kreativitas mulai dari tarian tradisional, pan­tomim, modern dance, pui­si, solo vokal, hingga band tampil seru meski harus melalui proses seleksi. Sri menegaskan, kreai seni ini memberikan pengalaman pembelajaran untuk siswa didik yang sangat berharga. Antusias para siswa dan siswi serta kreativitas menarik dibuktikan oleh para pelajar SMP Neg­eri 8 Bogor dengan membuat baju dari bungkus kopi, dan bungkus deterjen, ko­ran, piringan dvd, dan barang daur ulang lainnya. “Ini merupakan upaya untuk mempertahankan nilai SMPN 8 Bogor se­bagai sekolah yang berwawasan lingkun­gan,” tegasnya.