Berita-2-(1)

JAKARTA, Today – Empat bank mengucurkan kredit sindikasi kepada PT Sinar Tam­bang Arthalestari (STAR) sebe­sar Rp 2,33 triliun. Pinjaman kredit ini untuk pembangu­nan pabrik semen baru di Ke­camatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jum­lah kredit tersebut merupakan 70 persen dari nilai investasi sebesar Rp 3,34 triliun.

Keempat bank yang mel­akukan sindikasi adalah Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Pan Indonesia (Panin), Bank Jawa Tengah dan Bank Yogya­karta. Adapun, BNI memberi­kan kredit sindikasi terbesar dengan porsi 64,4 persen dari nilai sindikasi, sedangkan keti­ga bank lainnya berkontribusi 3 persen – 21 persen terhadap nilai kredit.

Senior Executive Vice Pres­iden Bisnis Risk BNI, Abdullah Firman Wibowo mengatakan bahwa pembiayaan ini untuk mendukung program pemer­intah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia. “BNI juga memberi­kan fasilitas kredit modal kerja (KMK) pada PT STAR senilai Rp 185 miliar,” katanya.

Informasi saja, pabrik se­men yang menempati area seluas 34 hektar ini memiliki kapasitas produksi sebesar 5.000 ton clinker per hari atau lebih dari 2 juta ton se­men per tahun. Pada tanggal 17 April 2015, PT STAR telah mulai melakukan tes pasar dengan melakukan penjualan semen secara komersial.

(Adil | net)