191517_bodong2

Aksi kejahatan kian bermutu saja. Pelakunya bukan lagi begal motor kampung dari Lampung, tetapi para pemburu dolar dari mancanegara. Mereka menebar ranjau investasi bodong. Korbannya pun para artis dan orangorang terpandang. Bagaimana ceritanya?

Oleh : (Alfian M|net)

SEORANG pria keturunan India ber­inisial KT dilaporkan puluhan orang ke Polda Metro Jaya. KT dilaporkan atas dugaan penipuan investasi tisu iklan senilai miliaran rupiah.

“Kami ingin sampaikan ke­luhan dan laporan dugaan peni­puan sistem piramida yang di­lakukan oleh KT yang kebtulan banyak korbannya, ada ribuan. Tetapi yang datang ke sini hanya perwakilan saja,” jelas pengacara korban, Herdian Saksono kepada wartawan di SPKT Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Herdian menjelaskan, KT me­nawarkan investasi dalam bentuk tisu dengan iming-iming komisi yang menggiurkan. Tisu ini bukan tisu biasa, tetapi bisa dijadikan seb­agai media beriklan oleh membernya. “Modusnya, korban diajak investasi dari nilai terendah Rp 1 juta sampai tertinggi Rp 471 juta,” katanya.

Dalam investasi ini, ada level masing-masing member sesuai investasi awal dan downline-nya. Setiap level dijanjikan mendapat­kan keuntungan yang berbeda. “Ada yang dijanjikan ratusan juta sampai tiriliunan,” imbuhnya.

Para korban tertarik, karena selain mendapatkan keuntungan yang luar biasa, mereka juga bisa mengiklankan usahanya pada pem­bungkus tisu tersebut. “Seperti yang punya usaha rumah makan, dia bisa mengiklankan rumah makannya pada tisu tersebut,” ungkapnya

Untuk member yang meng­investasikan Rp 1 juta, dijanjikan mendapatkan 5 juta pcs tisu wa­jah dan keuntungan Rp 50 ribu per hari untuk kontrak kerja selama 3 tahun lebih. Harga tisunya sendiri mencapai Rp 1.000-1.350/pcs.

Baca Juga :  BPBD Bogor Mencatat 13 Bencana Dampak Hujan Deras dan Angin Kencang

Investasi ini sudah berjalan se­jak 2013 lalu. Membernya sendiri mencapai ribuan, yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. “Teta­pi setelah korban menyetorkan uang, mereka tidak mendapatkan komisi yang dijanjikan,” tuturnya.

Bahkan, setelah para korban menyetorkan investasi, tisu yang dijanjikan pun tidak pernah diberi­kan ke member. KT beralasan, draft iklan harus diserahkan kepadanya selambatnya 10 hari kerja. “Boro-boro bisa beriklan di tisu itu, tisunya saja tidak berproduksi. Ngakunya itu tisu daur ulang, dan produksinya di Pasuruan, Jawa Timur,” ungkapnya.

Setelah menyadari investasi tersebut tidak beres, para korban akhirnya melapor ke pihak kepoli­sian. Rencananya, korban akan melaporkan KT dengan tuduhan Pasal 372 KUHP dan Pasal 378 KUHP dan atau UU No 7 Tahun 2014 tentang pedagangan.

Korban penipuan investasi bodong yang dilakukan KT tak han­ya menimpa warga biasa. Sejumlah artis juga menjadi korban penipuan investasi sistem piramida ini

Salah satu artis yang tertipu adalah Nana Khairina. Pesinetron ini bahkan ‘dipekerjakan’ sebagai Public Relation (PR) perusahaan bodong tersebut agar memiliki ni­lai jual tinggi. Wajah Nana dipajang di pembungkus tisu yang memang dikonsep sebagai media iklan.

“Kalau saya PR-nya KT ini. Kita disuruh mempromosikan tisu ini ke orang-orang dengan perjanjian kita digaji puluhan juta per bulan,” ucap Nana kepada wartawan di SPKT Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Baca Juga :  Modus Gudang Beras, Tempat Hiburan Malam di Kemang Disegel

Nana saat itu percaya, sebab KT mengaku-ngaku sebagai kelu­arga salah satu produser ternama keturunan India. “Dia ngakunya keponakan Raam Punjabi sehing­ga kita percaya saja,” imbuhnya.

Sama halnya dengan Nana, ar­tis Rizal Jibran juga tertipu mentah-mentah. Ia dan Nana dikontrak sela­ma 1.000 hari sebagai PR tisu wajah yang memiliki brand GiG ini. “Saya dan Nana dijanjikan mendapatkan gaji Rp 22 miliar. Tetapi baru dibayar Rp 5 juta,” ungkap Rizal.

Untuk lebih meyakinkan para member, KT bahkan berani mencat­ut wajah Gubernur DKI Basuki T Pur­nama (Ahok). Dia berpose dengan Ahok untuk meyakinkan korban, jika usahanya mendapat dukungan dari orang nomor satu di Jakarta itu.

“Lucunya, fotonya ini bukan Pak Ahok. Jadi ini dia cropingg wajah Ahok ke foto saya. Ini bajunya ini yang dike­nakan ‘Pak Ahok’ ini baju saya, gelang­nya juga gelang saya,” jelas Rizal.

Artis lain yang kena tipu yakni Venus Jean. Pemain film laga ini tertipu hingga Rp 101 juta. Ia bah­kan dijanjikan keuntungan hingga Rp 1 triliun selama jadi member selama 5.000 hari.

“Dia menjanjikan saya dapat keuntungan Rp 200 juta perhari, se­hingga kalau 5.000 hari itu bisa Rp 1 triliun. Tapi sampai sekarang baru kembalikan Rp 10 juta,” ungkap Venus