006457900_1433619335-Timnas_Indonesia_U-23_vs_Kamboja__foto_4_JAKARTA – Kemenangan telak Timnas U-23 atas Kamboja U-23 di laga SEA Games 2015, Sabtu (6/6) dianggap sebagai progres signifikan bagi skuat Merah Putih. Pasal­nya, Timnas Indonesia U-23 dalam laga ti­dak hanya mampu menggulung Kamboja dengan skor akhir 6-1, tetapi juga mampu tampil kompak.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, M Zain Al Haddad menyebut para peng­gawa Garuda Muda tampil bagus dalam passing, bertahan dan menyerang. Pe­rubahan memang mendorong membai­knya permainan tim.

“Pertandingan ini (lawan Kamboja, red) adalah pertandingan baik, permainan yang kami inginkan keluar. Pas di pertandingan pertama pemain kami tampaknya masih grogi,” katanya setelah pertandingan.

Selain faktor lawan yang kualitasnya ternyata tak berimbang, semangat dan motivasi Garuda Muda sedang tinggi. Mer­eka tak mau menanggung malu ketika ha­rus kalah dan pulang lebih awal ke tanah air.

“Anak-anak tahu posisinya. Mereka ngotot. Adanya sanksi FIFA tak memen­garuhi performa pemain, mereka bisa tampil baik,” terang pelatih yang akrab disapa Mamak tersebut.

Baca Juga :  Tak Dilirik KOK, SSB Duta Persada Tancap Gas Raih Perstasi

Mengenai laga, lanjutnya, jalan Tim­nas U-23 masih panjang. Sebab, Indonesia masih memiliki dua laga lagi dan harus memenanginya agar lolos ke semifinal, SEA Games. Karenanya menang telak atas Kamboja belum cukup sebagai modal bagi Timnas Indonesia untuk bisa lolos ke ba­bak selanjutnya.

“Saya minta tidak puas dengan hasil ini saja. Pemain targetnya masih pan­jang. Setelah laga lupakan kemenan­gan, fokusnya meraih poin penuh lawan Filipina dan Singapura,” paparnya.

Medali emas menjadi target yang dibe­bankan Timnas U-23 di ajang SEA Games Singapura 2015. Jika mampu merealisasi­kan hal itu, maka Evan Dimas dan kawan-kawan akan digelontor bonus yang nilain­ya wah, yakni Rp 1 miliar.

Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti menegaskan bahwa tim asuhan Aji Santoso wajib menjuarai SEA Games 2015. “Target Timnas yakni meraih juara. Tidak kurang, tidak lebih,” ungkap man­tan Ketua Umum PSSI Jawa Timur ( Jatim) tersebut.

Baca Juga :  Atlet Menembak Kota Bogor, Muhammad Hilman Persembahkan 2 Emas di Peparnas XVI Papua 2021

Nyalla cukup optimis Timnas U-23 bisa mewujudkan target itu. Apalagi Garuda Muda tampil baik saat menggulung Kam­boja dengan skor telak 6-1.”Saya optimis mereka mampu memenuhi target emas di SEA Games kali ini. Kami telah meny­iapkan bonus sebesar Rp 1 miliar,” ungkap Nyalla.

Kemenangan anak-anak lawan Kambo­ja bukan demi mengejar target bonus yang telah disiapkan. Mereka termotivasi untuk memberikan bukti kepada Menpora, ke­pada publik sepakbola Indonesia. Pemain bertekad meraih emas SEA Games.

“Yang pasti, di sini Masyarakat bisa me­lihat sendiri soal kinerja Timnas di bawah naungan PSSI. Terserah pihak mereka memutarbalikkan fakta di sosmed, kami tetap lakukan yang terbaik untuk para pe­main,” tutup Nyalla.

Timnas U-23 dijadwalkan menjalani latihan kembali pada Minggu (7/6) sore. Manahati Les­tussen dkk baru akan bertanding kembali pada 9 Juni mela­wan Filipina di Stadion Ja­lan Besar.

(Imam/net)