Untitled-4MENTERI Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan Baldan melarang keras pembangunan makam eksklusif karena tidak sesuai dengan fungsi utama pemakaman dan fungsi sosial.

YUSKA APITYA
[email protected]

Makam eksklusif tidak boleh. Saya sudah perin­tahkan teman-teman un­tuk review izinnya,” kata Ferry, saat di di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Ke­hutanan, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (17/6/2015).

Baca Juga :  Tiga Awak Pesawat Rimbun Air Ditemukan Dalam Kondisi Tak Bernyawa

Selain itu, dia menyebutkan bebera­pa wilayah yang akan dikaji izin makam eksklusif di antaranya Bekasi, Bogor, Banten, Tangerang, dan Bandung.

Ia mengungkapkan pemerintah dalam hal ini ingin tetap menjadikan makam sebagaimana fungsi idealnya. Jadi tidak ada spesialisasi antara makam eksklusif dan noneksklusif.

Lebih lanjut dia juga mengatakan, pemerintah mengimbau untuk tidak menjadikan makam sebagai ladang bis­nis semata. “Fungsi pemakaman sebagai fungsi sosial. Kita tidak berorientasi teha­dap pengenaan Pajak Bumi dan Bangu­nan (PBB) nya,” tutup dia.

Baca Juga :  Natasha Wilona Akui Baru Dua Kali Berhubungan

Sebagai informasi, ada beberapa dae­rah mendirikan pemakaman eksklusif salah satunya adalah pemakaman Sand­iego Hills di Karawang, Jawa Barat.

(Yuska Apitya/net)