Panjat-Dinding-(2)

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Bogor menerapkan pola tiga lapis generasi dalam strategi pembinaan dan pengembangan atlet.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Ketua Pengurus Ca­bang (Pengcab) FPTI Kabupaten Bogor, Bambang Wawan Tawekal mengatakan bahwa strategi pembinaan tiga lapis generasi tersebut ditujukan untuk kes­inambungan rantai pembinaan atlet panjat tebing Kabupaten Bogor.

”Pembibitan dan pembi­naan atlet panjat tebing kami lakukan secara berlapis dan tiga generasi. karena kami mengharapkan kedepan atlet-atlet itu memang masyarakat Kabupaten Bogor,” katanya.

Pasalnya, pembinaan atlet mulai dari usia dini bukanlah perkara mudah. Perlu proses panjang hingga sang atlet bisa tumbuh menjadi atlet ber­prestasi yang mampu meng­harumkan nama Bumi Tegar Beriman hingga ke kancah na­sional maupun internasional.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya juga terus melakukan seleksi dan membina atlet pan­jat tebing dengan menggelar kejuaraan secara rutin. Mulai dari tingkat lokal hingga na­sional. Proses tersebut untuk persiapan Pekan Olahraga Pe­lajar Daerah (Popda) IX/2016 dan Pekan Olahraga Dae­rah Jawa Barat (Porda Jabar) XIII/2018.

”Kegiatan seleksi atlet pan­jat tebing dan pembinaan ini ditujukan untuk mempersiap­kan atlet muda maupun atlet senior untuk memiliki mental juara. Serta melatih mental mereka dalam kejuaraan, dit­ambah jam terbang masing-masing atlet akan bertambah tinggi,” ucapnya.

”Upaya tersebut dilakukan dengan mengadakan Sirkuit Panjat Tebing seri I hingga IV untuk skala lokal dan Sirkuit Panjat Tebing Nasional untuk menggembleng mental mereka dalam kompetisi yang ketat persaingannya,” lanjutnya.

Kabupaten Bogor yang akan menjadi tuan rumah Porda Jabar XIII/2018 akan mengupayakan sukses secara penyelenggaraan, sukses ad­ministrasi, sukses prestasi dan terutama sukses pemberday­aan atlet daerah. Kompetisi panjat tebing ini juga dibentuk tidak hanya dari usia dewasa dan remaja, tetapi juga dari tingkat junior yaitu kelas satu Sekolah Dasar (SD).

Dia menambahkan, untuk Sirkuit Panjat Tebing ini, FPTI mengelar 2 kelas yaitu speed (kecepatan) dan leed (Kesuli­tan). Setiap kelas ada 4 katego­ri, yaitu kelas 1-3 SD putra dan putri, kelas 4-6 SD putra dan putri, tingkat SMP putra dan putri dan tingkat SMU putra dan putri.

Dalam gelaran Porda Jabar XIII/2018, FPTI Kabupaten Bogor optimis bisa meraih po­sisi juara umum dalam ajang bergengsi empat tahunan tersebut. Juga sebagai upaya mewujudkan target Kabupaten Bogor Kahiji dalam kompetisi olahraga tingkat Jabar itu.

”Melihat prestasi yang kita torehkan dalam ajang Porda Jabar XII/2014 lalu yang digelar di Kabupaten Bekasi, kita yakin sebagai tuan rumah besok bisa meraih posisi juara umum. Maka dari itu, persiapan dan turnamen kita geber sedari sekarang,” pungkasnya. (*)