HL-(2)Kontingen Indonesia kembali meraih medali emas SEA Games 2015 di Singapura, Minggu (7/6/2015). Sukses itu ditorehkan Judoka asal Kota Bogor, Horas Manurung yang sukses menang di final kategori Putra 81-90 kg

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Horas ditantang wakil tuan rumah, Gariel Yang, di fi­nal kategori judo putra 81-90 kg. Wakil Indonesia itu menang atas Gavriel dalam waktu tiga menit 47 detik. Horas Manu­rung menang dengan meng­umpulkan satu poin Ippon, dua kali poin Wazari, dan satu poin Yuko. Sementara, Gabriel hanya menorehkan satu poin shido.

Selain itu, wakil putri Indo­nesia sukses meraih dua meda­li perunggu di cabor judo. Dua wakil putri itu adalah Szalsza Maulida pada kategori 63-70 kg. Dan, Tiara Arta Garthia di kategori 70-78 kg.

Baca Juga :  Gibas Sukses Gelar Pertandingan Muaythai, Wakil Walikota : Ganti Tauran Dengan Prestasi

Hasil itu membuat total perolehan medali Indone­sia menjadi 38, terdiri dari 11 medali emas, 11 perak, dan 16 perunggu. Tuan rumah Singa­pura masih kokoh di puncak sebagai peraih medali terban­yak dengan 82 medali, terdiri dari 26 emas, 20 perak, dan 36 perunggu.

Misi emas Horas Manurung pada ajang SEA Games 2015 tuntas dan akhir tahun ini peju­do Jawa Barat itu fokus menuju pelaminan. “Puji Tuhan saya bisa meraih emas, dan akhir tahun ini saya akan memper­siapkan pernikahan,” kata Horas Manurung di Singapura seperti dikutip Antara, Senin (8/6/2015).

Horas Manurung yang dalam satu dekade terakhir ini selalu menjadi andalan Indo­nesia pada berbagai kejuaraan judo khususnya di kelas -90 Kg tersebut mengaku akan tetap menjaga konsistensinya meski sudah berkeluarga.

Baca Juga :  Gibas Sukses Gelar Pertandingan Muaythai, Wakil Walikota : Ganti Tauran Dengan Prestasi

Menurut dia, jadwal perni­kahannya akan dilakukan akhir tahun ini dengan mempersunt­ing gadis pujaannya bernama Diani. “Dalam setahun ini saya banyak di luar, namun nanti mungkin harus berbagi. Meski saya selalu siap bisa dibutuh­kan oleh negara,” kata pria kelahiran 23 Agustus 1987 itu.

Emas yang diraih di Singa­pura itu merupakan emas ked­ua yang diraihnya pada ajang SEA Games. Emas pertama di SEA Games 2011 dan pada SEA Games 2013 ia hanya meraih perak.

Sedangkan pada kejuaraan internasional, ia mengaku akan fokus untuk bisa berlaga pada ajang Olimpiade. “Saya ber­harap bisa mengikuti sejumlah kejuaraan internasional, dan tentunya fokus untuk Olimpi­ade,” tutup Horas. (*)