HL-(1)Atlet andalan Kabupaten Bogor di cabang olahraga (cabor) atletik nomor jalan cepat, Hendro berhasil menyumbangkan medali emas pertama bagi kontingen Merah Putih di ajang Sea Games XXVIII di Singapura

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Hendro (24), at­let jalan cepat andalan Bo­gor, berha­sil menoreh prestasi gemilang dengan menyabet medali emas di SEA Games XXVIII di Sin­gapura. Hendro menjadi penyumbang medali emas pertama bagi Indonesia. Pria yang karib disapa Endro Kim Lung ini, meraih medali dari nomor 20 km jalan cepat.

Atlet putra Persatuan Atletik Seluruh Indonesia ini pun mengaku sempat emosi ketika bersaing mengejar medali emas pertama cabang atletik nomor jalan cepat pu­tra 20 kilometer Sea Games 2015 di East Coast Park Singa­pura, Sabtu.

“Tadi saya sempat emosi pada 10 kilometer pertama dan terburu-buru. Saya jadi buta terhadap kekuatan la­wan dari Vietnam sehingga tadi spekulasi saja,” kata Hendro selepas perlombaan.

Hendro menyabet medali emas dengan catatan waktu satu jam 34 me­nit 23 detik dan mengalahkan atlet Vietnam Xuan Vinh Vo yang meraih waktu satu jam 38 menit dan 38 detik. “Tadi pelatih meng­ingatkan agar saya mengon­trol diri dan saya bisa,” kata atlet asal Kabu­paten Bogor itu.

Perlombaan jalan cepat SEA Games ke-28 itu, menurut Hendro, punya lap pendek dengan putaran lintasan yang kecil. “Biasan­ya satu lap itu dua kilometer, tapi tadi hanya 1,24 kilome­ter. Tadi cuaca juga panas sekali dan betis saya sempat sakit,” katanya.

Hendro mengaku bangga karena telah meraih medali emas pertama bagi tim atle­tik Indonesia serta mampu menunjukkan hasil latihan di Pangalengan Bandung. “Kondisi saya sempat kurang bagus dalam dua bulan se­belum SEA Games. Tapi, saya bersyukur bisa merebut emas,” katanya.

Atlet Malaysia Muham­mad Khairil Harith Harun meraih posisi ketiga dalam perlombaan jalan cepat putra 20 kilometer dengan catatan waktu satu jam 40 menit 57 detik. Posisi keempat ditem­pati atlet Vietnam Thanh Ngung Nguyen dalam waktu satu jam 52 menit 12 detik. (*)