Untitled-6BOGOR TODAY – Pembangu­nan tahap III Stadion Pakan­sari, Cibinong, ternyata sudah sesuai prosedur. Megaproyek ini akhirnya mulai dikerjakan. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor se­laku pengguna anggaran juga telah mengeluarkan Surat Per­intah Mulai Kerja (SPMK) ke­pada PT Prambanan Dwipaka sejak 4 Juni 2015. Artinya, se­luruh prosedur sudah mulus berjalan.

Kepala Dispora Kabu­paten Bogor, Yusuf Sadeli mengatakan, PT Prambanan Dwipaka segera mulai menger­jakan penyelesaian stadion kebanggaan warga Kabupaten Bogor. Mengingat waktu yang sangat mepet karena stadion ini akan digunakan untuk PON Jawa Barat 2016 nanti.

“Waktunya sudah sangat mepet, karena tahun 2015 ini musti sudah beres semuanya. Kalau dihitung-hitung, 31 De­sember 2015 segala pengerjaan sudah harus selesai. Jika tidak, mereka kena denda,” ujar Yu­suf, Senin (8/6/2015).

Ia mengatakan, pemban­gunan tahap III ini meliputi finishing infrastruktur stadion, penyempurnaan atap tribun, lapangan pemanasan diluar stadion, trek atletik dan me­lengkapi deretan kursi di tri­bun VIP yang harus diimpor dari luar negeri.

Baca Juga :  Kepulangan Eriska Agustina Atlet Tarung Drajat Asal Cisarua Peraih Medali Emas di PON XX

“Tapi kedepannya, akan ada velodrome (arena balap sepeda, red), aquatic, lapangan indoor untuk basket, voli, fut­sal dan juga akan dibuat lapan­gan tembak. Kami ingin semua kegiatan olahraga terpusat disi­ni,” sambungnya.

Keseluruhan sarana olah­raga yang nantinya disebut Gelanggang Olahraga (GOR) ini ditarget rampung pada tahun 2018 untuk mengejar Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat pada tahun yang sama.

“Untuk mempersingkat wak­tu rencana kita akan menggaet pihak swasta,” ungkap Sadeli.

Rencana menggandeng pi­hak ketiga bukan hanya untuk mempersingkat waktu, tapi juga untuk menekan buget agar tidak terlalu banyak me­makan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) serta keterbatasan Sumber Daya Ma­nusia (SDM) di Kabupaten Bo­gor untuk melaksanakannya.

“Kalau semua pemda yang mengurus, tidak akan bisa sele­sai dalam waktu tiga tahun. Po­koknya, tahun ini stadion dulu yang selesai. Dan tahun 2016 nanti baru dibangun venue-venue lainnya,” tutur mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor ini.

Baca Juga :  Warga Rusunawa Kota Bogor, Kini Bayar Sewa Lewat SIPACAR

Yusuf meminta semua pihak untuk ikut mengawasi penger­jaanya agar tidak mandeg diten­gah jalan. Ia juga menyatakan bahwa PT Prambanan lulus fit dan proper tes lelang dengan hasil memuaskan.

“Kantor Dispora juga ada di komplek Pakansari, jadi saya bisa pantau sendiri. Tapi ha­rapkan masyarakat juga ikut mengawasi,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Kantor Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (KLPBJ), Hendrik Se­tiawan mengatakan jika lelang tahap III ini sudah berjalan ses­uai dengan prosedur.

“Kan pendaftarannya juga lewat online dan inspektorat serta BPK bisa juga untuk men­gaudit LPSE itu,” ujar Hendrik.

Mengenai PT Pramban­an, Hendrik mengungkap­kan selama perusahaan tersebut tidak masuk dalam daftar hitam, perusahaan itu tetap bisa mengikuti le­lang.

(Rishad Noviansyah)