408690_620SINGAPURA, Today – Pelatih timnas In­donesia U-23 Aji Santoso optimistis anak asuhnya bisa mendapatkan hasil bagus saat menghadapi Thailand U-23 dalam pertand­ingan semi-final SEA Games 2015, Sabtu (13/6) malam di Stadion National.

Usai mengalahkan Singapura U-23 di laga pamungkas Grup A, Indonesia menempati posisi runner-up dan harus berhadapan dengan Thailand yang merajai Grup B. Duel ini juga menjadi kesempatan Indonesia un­tuk membalas kekalahan dari Thailand di final SEA Games 2013.

“Sekarang kami lolos ke semi-final, dan itu sungguh menyenangkan. Thai­land merupakan salah satu tim terbaik di kawasan ini (Asia Tenggara,red). Tapi di sepakbola, segala sesuatunya bisa terjadi,” tegas Aji.

Aji menambahkan, kini jajaran pela­tih fokus membenahi kebugaran pemain, mengingat Thailand memiliki masa recov­ery lebih banyak. Menurutnya, kebugaran bakal menjadi penentu hasil akhir di laga besok.

“Kami hanya punya waktu tidak lebih dari 24 jam untuk memulihkan kebugaran pemain sebelum pertandingan semi-final melawan Thailand. Pemulihan kebugaran yang tepat akan menjadi kunci untuk laga nanti,” imbuh Aji.

“Sejumlah pemain mendapatkan cedera ringan. Saya berharap mereka sudah bugar kembali besok.

Lebih lanjut Aji menganggap Thailand sebagai favorit saat berhadapan dengan In­donesia di semifinal SEA Games 2015. Un­tuk duel tersebut Aji akan melakukan per­baikan pada sisi pertahanan ‘Garuda Muda’.

Indonesia memastikan lolos ke semifinal SEA Games 2015 setelah meraih kemenan­gan 1-0 atas Singapura di pertandingan tera­khir fase grup. Evan Dimas dkk lolos sebagai runner up Grup A dengan poin sembilan, kalah dari Myanmar yang mengoleksi 10 angka.

Di babak empat besar Indonesia akan berhadapan dengan Thailand. ‘Tim Gajah Putih’ adalah juara Grup B setelah meraih hasil 100 persen kemenangan dari lima per­tandingan yang digelar.

“Thailand adalah tim terbaik dan favorit di turnamen ini. Tentu akan jadi laga berat tapi namanya sepakbola semua bisa ter­jadi,” ucap Aji.

“Saya akan memperbaiki pertahanan anak-anak. Tapi bukan berarti nanti lawan menghadapi Thailand bakal bertahan. Saya tidak suka bermain bertahan tapi mempu­nya pemain yang kuat pertahunnya juga akan lebih bagus,” tambah dia.

Sementara itu, Evan Dimas juga mem­prediksikan duel sengit dengan Thailand. Dia pun meminta rekan-rekannya bekerja ekstra keras untuk bisa menembus final.

“Semifinal harus lebih kerja keras lagi. Saya tahu Thailand cukup bagus jadi kalau mau menang ya harus kerja keras,” tukas­nya.

Yakin Lolos ke Final

Tim nasional Indonesia U-23 akan mela­koni laga berat melawan Thailand di semifi­nal SEA Games 2015. Meski begitu, kapten tim Manahati Lestusen yakin bakal mampu membawa ‘Garuda Muda’ ke final.

Timnas U-23 sukses melaju ke babak em­pat besar setelah berhasil mengunci posisi runner-up Grup A. Tinggal membutuhkan hasil imbang untuk lolos, mereka malah menang tipis 1-0 atas tuan rumah Singa­pura.

Gol tunggal dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Jalan Besar, Singa­pura, Kamis (11/6/2015), dilesakkan oleh Evan Dimas Darmono.

Dengan hasil itu, timnas U-23 akan berhadapan dengan Thailand di babak semifinal SEA Games 2015. Pertand­ingan itu akan berlangsung di Na­tional Stadium, Sabtu (13/6) malam WIB.

Thailand yang tampil sempurna dengan mencetak lima kemenan­gan di laga fase grup, disebut pela­tih timnas U-23 Aji Santoso sebagai tim unggulan.

Kendati demikan, Manahati tak mau merasa inferior saat melakoni laga melawan tim ‘Negeri Gajah Pu­tih’. Dia optimistis lolos ke final sep­erti di SEA Games Myanmar.

“Insyaallah ya, kejadian waktu (SEA Games) 2013 bisa terulang kembali. Kami akan mengalahkan Thailand. In­syaallah” kata Manahati kepada pew­arta.

Lebih lanjut lagi, Manahati beru­jar akan melakukan yang terbaik atas strategi yang diinstruksi oleh pelatih.

“Itu semua kami serahkan kepada pelatih. Kami siap-siap saja dan Insyaallah akan melaku­kan yang terbaik,” kata Manahati.

(Imam/net)