Untitled-6PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Untuk memenuhi setiap kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, Telkom terus mengikuti perkembangan teknologi selalu mengadopsi teknologi terbaru untuk lebih meningkatkan kepuasan pelanggan dalam berinteraksi dan berkomunikasi di era digital saat ini. Salah satunya melalui layanan triple play bernama IndiHome.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

General Manager Telkom Witel Jabar Barat (Depok, Kota/Kabupaten Bogor), Asep Kartiwan, mengung­kapkan bahwa saat ini perusahaan telekomunikasi plat merah ini ten­gah fokus menyediakan jaringan fiber optik sampai ke rumah atau dikenal dengan sebutan Fiber To The Home (FTTH).

“Layanan data atau internet dengan kecepatan tinggi saat ini dan ke depannya akan menjadi basic need un­tuk setiap rumah. Dulu kebutuhan rumah han­ya air saja, peneran­gan masih petromak. Terus kemudian mun­cul listrik, kemudian kebutuhan bertambah jadi air dan listrik. Nah, sekarang gaya hidup bert­ambah, kalau tidak ada internet di rumah seperti tidak leng­kap,” ung­kap Asep k e p a d a BOGOR TO­DAY, Jumat (26/6/2015).

 Untuk menjawab itu, Tel­kom menghadirkan produk layanan inovatif bernama In­diHome dengan menawarkan tiga jenis layanan, yaitu sam­bungan internet kecepatan tinggi FTTH, IPTV / UseeTV dan telepon rumah.

“Adopsi teknologi FTTH ini merupakan langkah Telkom untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dari sisi kualitas dan kapasitas jaringan, manfaat maupun tambahan value bagi pelanggan. Dengan adanya layanan ini yang ditun­jang dengan jaringan fiber op­tik Telkom berusaha menjadi perusahaan yang mempunyai kontribusi maksimal di ten­gah masyarakat, yakni sebagai hiburan, mendongkrak pereko­nomian hingga mempermudah melakukan silaturahmi,” beber Asep.

Mengenai progres, lanjut dia, Telkom sedang melakukan moderenisasi jaringan dengan mengganti kabel tembaga men­jadi serat optik. Untuk Witel Jabar Barat, Asep menyatakan bahwa Telkom sudah mulai menggelar fiber optik. “Depok hampir rampung, nanti disu­sul Kabupaten Bogor dan Kota Bogor. Secara nasional, tahun ini kami targetkan pemasan­gan 3 Juta, sementara untuk Bogor ditargetkan 200 ribu ru­mah terpasang jaringan fiber,” terang dia.

Target tersebut akan naik setiap tahunnya. Karena, men­urut dia, saat ini di Indonesia ada 70 juta unit rumah. “Per­tumbuhan jumlah pelanggan setiap tahun harus berlipat. Secara nasional jumlah rumah 70 juta, di Bogor jumlah pen­duduk ada 8 juta, rumah ada 2 juta, kalau 200 ribu itu baru 10 persen. Ini akan terus dipacu lebih agresif. Hadirnya jaringan serat ini sekligus menjadi salah satu pendukung Telkom dalam mendorong Bogor menjadi SmartCity,” tandasnya.

Keunggulan IndiHome

Dengan melonjaknya jum­lah obyek yang berkomunikasi dan volume data yang dilewat­kan membuat kebutuhan akan bandwidth atau jalan yang disediakan oleh koneksi inter­net semakin besar. Hal inilah yang menyebabkan teknologi jaringan akses menggunakan fiber optik menjadi tumpuan harapan terwujudnya internet of things dengan optimal.

“Banyak keunggulan fiber optik dibandingkan dengan kabel tembaga yang dulu biasa kita gunakan untuk sambungan telepon dan internet. Fiber op­tik memungkinkan kecepatan akses internet sampai dengan 100 Mbps, jauh lebih tinggi dari kabel tembaga yang hanya sam­pai 5 Mbps. Jaringan fiber optik menghasilkan koneksi yang lebih stabil dan tidak terganggu oleh gelombang elektromagne­tik serta lebih aman dari seran­gan petir,” ujar Manager Home Service Telkom Bogor, Eko Yuli­yanto.

Eko menambahkan, perlu­asan jaringan fiber optik sangat mendukung untuk meningkat­kan kualitas layanan Indihome. Indihome adalah solusi layanan digital home berupa internet kecepatan tinggi, TV interaktif dan gratis panggilan lokal dan interlokal dari telepon rumah selama 1000 menit per bulan, semuanya dalam satu paket dengan harga yang sangat kom­petitif. Ketiga layanan dalam satu paket tersebut yang sering disebut dengan tripleplay.

“Untuk harganya mulai Rp325 ribu per bulan. Harga tersebut sudah termasuk UseeTV dengan 108 chanel, telepon gratis 1.000 menit dan internet dengan kecapa­tan 10 Mbps. Untuk yang pal­ing tinggi dibanderol Rp2,9 juta dengan internet 100 Mbps,” terangnya.

Eko menambahkan, ada pula layanan optional add on yang bisa mengakses wifi sep­uasnya di seluruh Indonesia hanya dengan menambah Rp10 ribu per bulan.

(Apriyadi Hi­dayat)

10 KOMENTAR

  1. Klo sudah berlangganan indihome artinya saya tidak perlu lagi beli vouchern/paket internet dari provider seperti telkomsel,m3 dan sebangsanya untuk hape saya tiap bulannya ?
    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih.

  2. Saya sudah mendaftar berlangganan indihome dari 1 tahun yang lalu! Langsung di kantor Telkom Bogor jl. Pajajaran. Saya tinggal di Haurjaya, berjarak hanya 1 km dari Istana Presiden Bogor. Sampai saat ini belum dilayani. Mohon segera direalisasikan. Terima kasih.

  3. @Dear All : untuk berlangganan dan pelayanan Indihome bisa langsung ke Plasa Telkom Pajajaran atau menghubungi 147 atau bisa juga mention via media sosialnya (twitter) : @telkomcare

  4. Pasang indihome di Jl. Otista, deket tugukujang amarosa ktanya belom bisa alesannya belom dapet izin operasional dari pemerintah kota, wkwkwkwkwkwkwk —- jalur udah ada izin belom ada hahahahah lebay

  5. Kok paket indihome ku blom tgl 20 udah di putus masa blom sebulan harus byr lg n kok slalu aja naik tagihannya dari 299 rb, naik 377 skrg 411 rb gimana sih,, trus usee TV nya Rcti gak ada tolong dong yg profesional gak memuas kan bngettt..

  6. susah sekali pengajuan indihome , sudah pengajuan dan sudah di telp oleh kantor pusat , sudah di data tapi belum ada juga yang datang , kemarin ada yang kontek ke saya tapi balasan kurang sopan dari pihak telkom , malas mencari alamat , padahal sudah saya kasih alamat lengkap sesuai ktp , tidak mau berusaha bertanya ke RT setempat , apakah seperti itu pelayanan dari telkom ?? kalau adik saya bagian marketing pasti sudah langsung dipasang oleh adik saya , tapi adik saya bagian administrasi di kantor pusat telkom , bukan tugas dia untuk memasang karena dia bukan teknisi telkom , tolong lebih diperhatikan yang benar serius ingin memasang indihome dan pertegas kepada semua pekerja agar lebih memiliki attitude kepada para pelanggan indihome , thanks ..

  7. Untuk daerah jl veteran iii tapos desa banjarsari caringin lembur jrto rt03/03 sudah bisa belum

Comments are closed.